YouTuber Aleh Aleh Khas Medan Tersangka Ujaran Kebencian Segera Disidang

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 09:39 WIB
Poster
Ilustrasi ujaran kebencian. (Edi Wahyono/detikcom)
Medan -

Polisi mengatakan berkas perkara kasus dugaan ujaran kebencian SARA dengan tersangka YouTuber RH alias Aleh Aleh Khas Medan telah diserahkan ke Kejaksaan. RH segera disidang.

"Untuk perkara tersebut sudah tahap 2, artinya sudah diserahkan ke Kejaksaan," kata Paur Humas Polres Pelabuhan Belawan, Iptu Bonar Pohan, saat dimintai konfirmasi, Kamis (23/7/2020) malam.

Dia tak menjelaskan kapan berkas tersebut dilimpahkan ke Kejaksaan. Bonar hanya mengatakan jaksa sedang memeriksa kelengkapan berkas.

"Yang jelas sudah di Kejaksaan," ujar Bonar.

Kasus yang menjerat RH ini berawal saat video diduga berisi konten yang dianggap menghina istri Nabi Muhammad SAW, Aisyah, viral di media sosial. Dalam video viral itu, tampak sejumlah pria sedang bernyanyi lagu yang liriknya berisi tentang Aisyah. Di tengah lagu, RH berdiri seolah-olah kesurupan.

Dalam video itu, RH terlihat mengenakan baju dan celana dalam putih. Pria lain di dekatnya kemudian terlihat seperti menenangkan RH, yang seolah-olah kesurupan itu.

RH kemudian diamankan dan dijerat Pasal 28 juncto 45A UU ITE. Pasal tersebut mengatur larangan orang untuk menyebarkan ujaran kebencian terkait SARA.

Selain itu, RH pernah dilaporkan ke polisi oleh sekelompok orang karena diduga menghina warga Belawan saat melakukan stand-up comedy. RH diduga menyampaikan ujaran kebencian terkait ucapannya, 'Coba aja film Dilan syutingnya di Belawan, daerah konflik, mafia semua ada di situ'. RH kemudian meminta maaf usai dilaporkan ke polisi.

(haf/haf)