Polisi Tahan YouTuber Aleh Aleh Khas Medan Tersangka Ujaran Kebencian SARA

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 15 Apr 2020 12:03 WIB
Ilustrasi YouTube, Logo YouTube
Ilustrasi YouTube (Foto: Sean Gallup/Getty Images)
Medan -

YouTuber RH atau dikenal lewat akun Aleh Aleh Khas Medan ditetapkan sebagai tersangka karena diduga melanggar UU ITE. RH kini ditahan di Polres Belawan.

"Sudah ditahan (RH)," kata Kasat Reskrim Polres Belawan, AKP Jerico Lavian Chandra, saat dimintai konfirmasi, Rabu (15/4/2020).

Penahanan dilakukan setelah petugas melakukan serangkaian pemeriksaan terhadap RH atas kasus dugaan ujaran kebencian terkait SARA. Belum diketahui apakah ada pihak lain yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

RH sendiri dijerat melanggar Pasal 28 juncto 45A UU ITE. Pasal tersebut mengatur larangan orang untuk menyebarkan ujaran kebencian terkait SARA. Berikut ini isinya:

Pasal 28
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)

Tonton juga video Ujaran Kebencian Ali Baharsyah ke Jokowi hingga Dipolisikan: