Round-Up

YouTuber Aleh Aleh Khas Medan Terjerat Kasus Ujaran Kebencian

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 09:04 WIB
Infografis ujaran kebencian
Ilustrasi ujaran kebencian (Andhika Akbaransyah/detikcom)
Medan -

Mulutmu harimaumu. Mungkin itu pepatah yang tepat untuk YouTuber asal Medan, Sumatera Utara, RH atau yang dikenal dengan nama akun Aleh Aleh Khas Medan.

Karena tidak menjaga tutur katanya, RH ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan penghinaan terhadap istri Nabi Muhammad SAW, Aisyah. Pihak Polres Belawan menyebut RH dijerat melanggar UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Sudah kami tetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka," kata Kasat Reskrim Polres belawan AKP Jerico Lavian Chandra, Selasa (14/4/2020).

Kasus yang membelit RH bermula dari beredarnya video sejumlah pria sedang bernyanyi lagu yang liriknya berisi tentang Aisyah, yang dilihat detikcom, Jumat (10/4/2020). Di tengah lagu, seorang pria, yang merupakan RH, berdiri seolah-olah kesurupan.

RH terlihat mengenakan baju dan celana dalam berwarna putih. Pria lain di dekatnya kemudian terlihat seperti menenangkan RH yang terlihat seolah-olah kesurupan itu.

Mengetahui video tersebut viral, polisi pun bergerak. RH kemudian berhasil diamankan polisi.

"Nggak. Baru kami amankan. Bukan ditangkap," kata Kasat Reskrim Polres Belawan AKP Jerico Lavian Chandra saat dimintai konfirmasi, Jumat (10/4).

Selanjutnya
Halaman
1 2