'Diseret' Djarot soal Suap Eks Anggota DPRD Sumut, PKS: Biar Hukum Bekerja

Ahmad Arfah - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 17:41 WIB
Ketua DPW PKS Sumut Hariyanto
Ketua PKS Sumut Hariyanto (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Plt Ketua PDIP Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat 'menyeret' PKS terkait kasus dugaan suap dari eks Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho kepada mantan anggota DPRD Sumut. Apa kata PKS Sumut?

"Kalau saya ya itu kan sudah ditangani hukum, biar hukum saja yang bekerja mengungkap fakta yang ada," kata Ketua DPW PKS Sumut, Hariyanto, Kamis (23/7/2020).

Hariyanto mengatakan kasus itu bukan hanya karena kesalahan Gatot selaku Gubsu saat itu. Dia menilai anggota DPRD yang diduga menerima suap juga turut diduga bersalah.

"Iya kan itu kan kembali ke Dewan masing-masing. Saya tetap mendukung hukum bekerja sebagaimana mestinya," jelasnya.

Sebelumnya, eks Ketua PDIP Sumut, Japorman Saragih, ditahan KPK sebagai salah satu tersangka kasus dugaan suap dari Gatot. Djarot pun menyebut dalang kasus korupsi itu adalah Gatot yang saat itu diusung PKS.

"Kita harus ingat, dalang utama pusaran korupsi itu, mantan gubernur yang diusung oleh PKS," kata Djarot dalam keterangan tertulis kepada wartawan.

Pada Pilkada 2013, PKS memang menjadi salah satu partai pengusung Gatot yang berpasangan dengan Tengku Erry Nuradi. Paslon 'Ganteng' saat itu menang mengalahkan empat paslon lainnya, termasuk jagoan PDIP, Effendi Simbolon-Djumiran Abdi.

Kembali ke Djarot. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta kasus dugaan suap dari Gatot diusut tuntas. Dia mengatakan PDIP punya komitmen pemberantasan korupsi.

"Mulai dari ASN-nya, Sekretaris Dewan, Sekda Provinsi, Kepala Biro Keuangan, semuanya harus diusut tuntas pelaku tindak pidana korupsi ini," ujarnya.

Berikut ini 11 eks anggota DPRD Sumut yang ditahan KPK:

1. SH (Sudirman Halawa)
2. RPH (Rahmad Pardamean Hasibuan)
3. MA (Megalia Agustina)
4. IB (Ida Budiningsih)
5. SHI (Syamsul Hilal)
6. RN (Robert Nainggolan)
7. R (Ramli)
8. LS (Layani Sinukaban)
9. JS (Japorman Saragih)
10. JH (Jamaluddin Hasibuan)
11. ID (Irwansyah Damanik.

(haf/haf)