Bagaimana Nasib Cek Rp 43 M yang Dibobol Maling di Kemang?

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 15:10 WIB
Mobil pengusaha dibobol di Kemang Selatan
Mobil Toyota Fortuner milik pengusaha yang dibobol di Kemang Selatan (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Polisi masih menyelidiki kasus pembobolan mobil pengusaha di Kemang Selatan Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Cek senilai Rp 43 miliar yang diambil oleh pelaku sudah diblokir korban.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono mengatakan pihaknya belum bisa memastikan berapa kerugian yang diderita korban Zen Zanuar.

"Jadi untuk kerugian cek akan dipastikan dulu, tapi berdasarkan keterangan sementara korban, cek sudah diblokir ke bank. Tapi nanti akan dicek kembali setelah di-BAP," jelas Kombes Budi dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (23/7/2020).

Budi mengatakan pihaknya telah meminta keterangan kepada Zen Zanuar selaku korban. Namun, karena korban kelelahan, proses pengambilan berita acara pemeriksaan (BAP) ditunda.

"Rencana hari ini akan diminta keterangan oleh anggota," imbuh Budi.

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil pengusaha dibobol di kawasan Kemang Selatan, Pasar Minggu, Jaksel, pada Rabu (22/7) malam. Sebelumnya, Zen Zanuar pergi ke bank, lalu menjemput rekannya, Habib Afif di Citos, Cilandak, Jaksel.

Dari Cilandak, mereka sebelumnya hendak ke sebuah hotel di Cawang, Jakarta Timur. Karena waktu memasuki hampir Magrib, Zen Zanuar dan Habib Afif lalu menuju ke Jl Kemang Selatan Raya untuk buka puasa.

Mereka kemudian makan di sebuah warung sate di seberang toko karpet, di tempat dia memarkirkan mobilnya. Tidak lama setelah turun dari mobil, dua pelaku datang, lalu turun dari motor.

Salah satu pelaku mengambil tas di mobil korban, sedangkan pelaku lainnya menunggu di motor. Zen Zanuar baru tahu mobilnya dibobol setelah makan.

Dalam kasus ini, Zen Zanuar mengaku kehilangan satu buah tas Gucci berisi cek senilai Rp 43 miliar, uang tunai Rp 200 juta, bolpoin emas, serta iPhone 11.

(mei/fjp)