Mobil Isi Cek Rp 43 M Dibobol, Zen Curiga Diikuti Pelaku Sejak di Citos

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 12:32 WIB
Mobil pengusaha dibobol di Kemang Selatan
Foto: Mobil Toyota Fortuner milik pengusaha yang dibobol di Kemang Selatan (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Zen Zanuar sempat mampir ke Cilandak Town Square (Citos) untuk bertemu rekannya, Habib Afif sebelum mobilnya dibobol di Kemang Selatan, Pasar Minggu, Jaksel. Zen Zanuar curiga pelaku sudah membuntutinya sejak dari Citos.

Zen Zanuar menceritakan, dia awalnya bertemu dengan Habib Afif di Citos. Zen Zanuar menduga para pelaku sudah membuntutinya saat bertemu Habib Afif di Citos.

"Tapi mungkin ya, ini masih kemungkinan ada percakapan yang didengar oleh para rampok itu dan ngikutin mobil saya ini karena bagaimana pun juga mana tahu ada tas isi duit di mobil ya kan?," kata Zen Zanuar ketika ditemui di lokasi, Rabu (22/7/2020) malam.

Zen Zanuar menceritakan, saat ia menemui Habib Afif di Citos, Habib Afif saat itu tengah melakukan pertemuan dengan rekan-rekannya. Di sana, Habib Afif sempat bicara soal masalah keuangan.

"Saya mendapat telepon dari Habib Afif untuk dijemput di Citos. Habib Afif itu di sana lagi meeting dan sedang membicarakan masalah keuangan. Kemudian Habib Afif setelah selesai menjumpai saya di mie ceker belakang Citos," jelasnya.

Meski tidak mengetahui persis isi pembicaraan antara Habib Afif dengan rekan-rekannya tersebut, namun Zen Zanuar meyakini salah satu yang dibahas ialah terkait dengan masalah keuangan.

"Itu Habib Afif yang berbicara sama rekan-rekannya di Citos ya. Apa dia ternyata sudah diikuti, saya nggak tau. Kan saya hanya diminta menjemput saja. Percakapannya saya juga nggak tau. Tapi yang pasti percakapan soal keuangan ya. Jadi ada indikasi (dibuntuti pelaku)," terang Zen Zanuar.

Usai dari Citos keduanya kemudian mencari makan untuk berbuka puasa. Awalnya, mereka berniat buka puasa di daerah Ampera Pujasera. Namun, di lokasi tersebut makanan yang dicari tidak ditemukan. Keduanya kemudian berpindah menuju Jalan Kemang Selatan Raya, Kelurahan Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu untuk makan di warung sate.

Saat sedang makan sate, mobilnya dibobol maling. Akibat kejadian itu, tas Gucci berisi cek Rp 43 miliar dan barang berharga lainnya raib digondol pelaku.

"Tas saya yang dibawa itu, warna hitam merk gucci itu berisi dokumen CV Januar Perkasa Raya berikut stampelnya dan ada cek di situ sekitar 43,1 milyar. Kemudian satu lagi untuk pembayaran gula sekitar 737 juta. Itu untuk pembayaran sarden dan minyak serta ada dokumen lainnya," ujar Zen Zanuar.

"Kemudian di tas Habib Afif juga ada cek Habib Afif senilai 200 juta dan uang kontan ya uangnya berapa saya nggak tau. Kalau punya Habib Afif itu ada pulpen warna emas sekitar harga 8 juta terus ada iPhone 11 serta dokumen lainnya. Lengkap di mobil itu penuh," sambung dia.

Kasus ini telah dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan. Polisi saat ini masih menyelidiki kasus itu.

"Korban sudah memuat laporan," kata Kapolres Metro Jaksel Kombes Budi Sartono.

Detik-detik Pembobolan Mobil Berisi Cek Rp 43 M di Kemang:

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)