Profil, Silsilah dan Sejarah Keluarga Raja Salman dari Kerajaan Arab Saudi

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 13:24 WIB
Saudi Arabias King Salman bin Abdulaziz Al Saud presides over a cabinet meeting in Riyadh, Saudi Arabia, December 12, 2017. Saudi Press Agency/Handout via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS PICTURE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. NO RESALES. NO ARCHIVE.
Foto: Saudi Press Agency/Handout via REUTERS/Profil, Silsilah dan Sejarah Keluarga Raja Salman dari Kerajaan Arab Saudi
Jakarta -

Sejak tahun 2015 tampuk kekuasaan di Kerajaan Arab Saudi dipegang oleh Raja Salman bin Abdulaziz. Ia memimpin kerajaan yang terletak di kawasan Timur Tengah itu pada umur 79 tahun setelah Raja Abdullah yang juga saudara tirinya mangkat dalam usia 90 tahun.

Sebelum duduk sebagai penguasa Arab Saudi, Raja Salman menduduki jabatan sebagai putra mahkota dan wakil perdana menteri. Selain itu, ia juga pernah dipercaya menjadi gubernur wilayah Riyadh.

Saat ini, kondisi Raja Salman tengah menjadi perbincangan. Pasalnya, baru-baru ini ia dilarikan ke rumah sakit karena menderita radang kantung empedu. Namun, kondisi sang Raja disebutkan telah baik-baik saja. Bahkan, ia sempat memimpin rapat kabinet via panggilan video conference dari rumah sakit.

Berikut profil, silsilah, dan sejarah keluarga Raja Salman:

Profil

Pemilik nama asli Salman bin Abdulaziz Al Saud lahir dari pasangan Raja Abdulaziz bin Abdulrahman al Saud dan Hassa bint Ahmed al Sudairi pada 31 Desember 1935. Raja Abdulaziz merupakan pendiri Kerajaan Arab Saudi modern. Raja Salman diketahui memiliki tujuh saudara dari ibu yang sama, Hassa binti Ahmad al Sudairi.

Pengalaman dalam memimpin tidak diragukan lagi. Pada tahun 1955 ia dipilih untuk menjadi Gubernur Riyadh hingga tahun 1960. Raja Salman memang lahir dan tumbuh di wilayah tersebut. Kemudian di tahun 1963 hingga 2011 ia dipercaya kembali untuk memimpin wilayah tersebut.

Pada November 2011 Raja Salman diangkat menjadi Menteri Pertahanan. Selama menjabat sebagai menteri ia banyak mewakili tugas penting, seperti bertemu dengan presiden Amerika Serikat Barack Obama saat kunjungan resmi ke AS.

Lalu, di tahun 2012 ia diangkat menjadi putra mahkota sekaligus pewaris takhta kerajaan Arab Saudi menggantikan saudara kandungnya Nayef bin Abdulaziz Al Saud yang wafat karena sakit. Bahkan, sempat bertanggung jawab penuh terhadap kerajaan Arab Saudi kala raja tengah 'cuti khusus'. Kemudian pada Januari 2015 Raja Salman secara resmi diangkat menjadi penguasa.

Silsilah Raja Salman

Ayah Raja Salman, yakni Abdulaziz bin Saud merupakan penguasa yang memimpin Arab Saudi pada tahun 1932 hingga 1953. Sang raja memiliki 11 pangeran, yani Saud bin Abdulaziz, Faisal bin Abdulaziz, Khaled bin Abdulaziz, Fadh bin Abdulaziz, Abdullah bin Abdulaziz, Sultan bin Abdulaziz, Talal bin Abdulaziz, Nayef bin Abdulaziz, Ahmad bin Abdulaziz, Salman bin Abdulaziz, dan Muqrin bin Abdulaziz.

Usai meninggalnya sang Ayah, kakak Raja Salman, Saud bin Abdulaziz memimpin Arab Saudi. Ia memimpin dari tahun 1953 hingga 1964. Kemudian, tahta ditempati kakak yang lainnya, yakni Faisal bin Abdulaziz, selanjutnya di tahun 1975 kursi raja diduduki oleh kakak Khaled bin Abdulaziz.

Di tahun 1982 kakak Fahd bin Abdulaziz dipercaya menjadi raja. Selanjutnya, posisi raja di tahun 2005 dipegang oleh kakak Abdullah bin Abdulaziz. Jabatan itu diisi hingga tahun 2015 karena ia meninggal dunia usai mengidap sakit sakit pneumonia.

Jabatan tertinggi pun langsung dipegang oleh Raja Salman sebagai putra mahkota. Tahta putra mahkota pun diberikan kepada adiknya Muqrin bin Abdulaziz. Namun tiga bulan berselang, jabatan itu diberikan kepada ponakannya dari kakak Nayef bin Abdulaziz, yakni Mohammed bin Nayef.

Jabatan putra mahkota hanya dirasakan Mohammed bin Nayef selama dua tahun hingga akhirnya diberikan kepada anaknya sendiri, yakni Mohammed bin Salman yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan Arab Saudi.

Keluarga Raja Salman

Selain memiliki anak Mohammed bin Salman (MBS), Raja Salman juga dikaruniai pangeran bernama Sultan, Abdulaziz, Faisal, Khaled, dan Turki. MBS merupakan anak dari istri Raja Salman yang bernama Fahda bint Falah Al Sultan.

(pay/erd)