Wabup Kotawaringin Barat Kalteng Umumkan Dirinya Positif Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 07:55 WIB
Wabup Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah mengumumkan dirinya positif COVID-19
Wabup Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah mengumumkan dirinya positif COVID-19. (Foto: dok. istimewa)
Kotawaringin Barat -

Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Ahmadi Riansyah mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19). Ahmadi memastikan kabar tersebut setelah spesimennya dilakukan tes PCR.

"Pada Rabu (22/7) malam saya baru saja mendapat informasi hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) sampel 'swab' yang dilakukan pada tanggal 21 Juli 2020. Berdasarkan hasil sampel tersebut saya terkonfirmasi positif COVID-19," ujar Ahmadi lewat rekaman video yang diunggahnya, seperti dilansir Antara, Kamis (23/7/2020).

Saat dihubungi terpisah, Ahmadi mengatakan pengakuan dirinya positif virus Corona untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa virus Corona bukanlah aib yang harus ditutupi. Ahmadi juga tidak ingin ada stigma negatif dari masyarakat soal pasien positif virus Corona.

"Pasien positif beserta keluarga tak harus dikucilkan, tak harus menjadi pergunjingan, melainkan harus diberikan semangat serta diberikan doa agar dapat segera sembuh," kata Ahmadi.

Dikatakannya bahwa COVID-19 bisa menulari siapa saja tanpa pandang bulu. Karena itu, keterbukaan informasi akan mempermudah tugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam melaksanakan langkah-langkah penanganan dan penanggulangan.

Dalam video berdurasi tiga menit 17 detik tersebut, Ahmadi menyatakan kondisinya tetap sehat, tanpa merasakan gejala. Saat ini dirinya beserta keluarga langsung melakukan isolasi mandiri di rumah.

Langkah isolasi mandiri yang dilakukannya sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 mengingat dirinya terkonfirmasi positif tanpa gejala.