PKB: Welcome to The Club Fahri Hamzah!

Elza Astari Retaduari - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 19:39 WIB
Daniel Johan
Foto: Daniel Johan. (Dok Istimewa).
Jakarta -

Partai Gelora juga bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana hari ini. PKB yang merupakan koalisi Jokowi menyambut keharmonisan yang kini ditunjukkan oleh Waketum Gelora, Fahri Hamzah.

"Wah sekarang Bang Fahri mesra sama Pak Jokowi, welcome to the club," kelakar Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan, Senin (20/7/2020).

Untuk diketahui, Fahri Hamzah kerap mengkritik Jokowi saat masih bernaung di PKS. Kini ia bergabung dengan Partai Gelora yang dikomandoi Ketum Anis Matta.

Soal Fahri yang kini tampak mesra dengan Jokowi, Daniel tak mau berandai-andai kemungkinan Gelora akan gabung ke koalisi pemerintahan. Ia hanya menyatakan menyambut baik datangnya Partai Gelora bersilaturahmi dengan Jokowi.

"Mungkin sekalian promosi Partai Gelora," tutur Daniel.

"Setiap pertemuan para tokoh saya rasa baik, apalagi bila membahas persoalan kebangsaan sehingga ada kekuatan bersama untuk mengatasi dengan baik," sambung Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

Hal senada juga disampaikan oleh Waketum PKB Jazilul Fawaid. Ia menyatakan berprasangka baik dengan maksud kedatangan partai di luar koalisi pemerintah ke Jokowi. Selain Gelora, hari ini PAN juga bertemu Jokowi di Istana.

Jazilul FawaidJazilul Fawaid Foto: MPR

"Kami husnudzon pertemuan itu untuk menguatkan tali silaturrahim menghadapi keadaan. Akan lebih bagus jika semua pimpinan partai duduk bersama Presiden menguatkan tekad, membahas dan mencari solusi bersama mengatasi ancaman dampak COVID-19," ungkap Jazilul, terpisah.

"Hemat saya, saat ini kita perlu mengedepankan sikap yang negarawan, baik yang di dalam maupun di luar pemerintahan," imbuhnya.

Seperti diketahui, Partai Gelora yang dipimpin Anis Matta bertemu Presiden Jokowi hari ini. Fahri Hamzah menjelaskan maksud kedatangan partainya bertemu Jokowi.

Ini safari silaturahim Partai Gelora sebagai partai baru, kita yang minta ketemu dengan Presiden dan pimpinan lembaga negara dan tokoh-tokoh nasional. Ini akan berlanjut, mulai dari presiden, rencananya gitu," kata Fahri, sebelumnya.

Sementara itu Anis Matta menekankan pentingnya kebersamaan di tengah pandemi Corona. Ia juga berbicara soal pentingnya berdiri bersama usai bertemu dengan Jokowi.

"Silturahim seperti ini harus kita lakukan sebagai kewajiban moral terutama di saat kita menghadapi krisis besar seperti yang kita alami, pandemi telah berkembang menjadi krisis ekonomi. Mudah-mudahan Insyaallah tak berkembang jadi krisis sosial apalagi politik, kita semuanya perlu berdiri bersama sebagai satu bangsa dengan visi bersama dan melakukan collective action juga secara bersama," kata Anis Matta di i Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (20/7).

Anis Matta mengatakan pertemuan sore ini digelar setelah partai yang dipimpinnya itu mendapatkan pengesahan dari Kemenkum HAM. Sebagai partai baru, kata Anis Matta, Partai Gelora perlu untuk melakukan silaturahmi politik kepada Presiden Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, Anis Matta juga mengenalkan sejumlah pengurus Partai Gelora di antaranya Wakil Ketua Umum Fahri Hamzah, Sekjen Mahfudz Siddiq, Bendahara Umum Ahmad Rosyadi hingga Ketua Bidang Seni dan Budaya, Deddy Mizwar.

Tonton video 'PDIP dan Golkar Mau Pemilu 2024 Tertutup, PKS-PKB-PD-NasDem Terbuka':

(elz/gbr)