Gagal Tahun Lalu, Peserta UTBK Ini Nyaris Ingin Tunda Kuliah Gegara Corona

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 13:51 WIB
Peserta UTBK, Elcin Anjani
Foto: Peserta UTBK, Elcin Anjani. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom).
Jakarta -

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahap II berlangsung di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Salah seorang peserta, Elcin Anjani (19) mengaku nyaris menunda ikut ujian masuk kuliah tahun ini karena pandemi virus Corona (COVID-19) setelah tahun lalu gagal.

Elcin mengatakan sudah setahun tidak kuliah karena gagal di ujiannya yang pertama. Dia lantas mencoba lagi tahun ini.

"Kemarin sih sempat ikut tapi nggak lulus, tahun ini coba lagi," kata Elcin saat ditemui di dekat Gedung Pustikom, UNJ, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (20/7/2020).

Elcin bercerita soal perbedaan ujian masuk kuliah saat ini dengan tahun lalu. Menurutnya, ujian tahun ini lebih sulit karena harus mengikuti protokol kesehatan ketat, termasuk penggunaan masker.

"Kemarin pas persiapan ujian kemarin ya nggak kayak gini, aman, nggak disuruh pakai ini, tapi tadi pas ngerjain agak sesak napas dikit, susah. Terus pas pakai sarung tangan agak licin mouse-nya, itu perbedaannya. Tahun pertama lebih mudah, tapi tahun kedua agak sulit," jelasnya.

Elcin mengatakan ingin masuk prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM). Dia tidak membayangkan sebelumnya persiapan selama setahun akan terkendala oleh pandemi COVID-19.

"Dipikirnya tahun ini nggak ada COVID, jadi ya biasa-biasa saja, tapi pas dengar begini agak minder dikit mau ikut apa nggak," ucap Elcin.

"Iya saya sudah kepikiran menunda tapi gimana lagi, ikut lagi, semoga bisa lulus tahun ini," imbuh warga Cawang, Jakarta Timur itu.

Seperti diketahui, jadwal tes dalam UTBK 2020 dibagi dalam dua tahap. Tahap I akan digelar pada 5-14 Juli 2020 dan tahap 2 digelar pada 20-29 Juli 2020. Hasil tes akan diumumkan pada 20 Agustus 2020.

Pelaksanaan Tes UTBK diubah menjadi dua sesi per hari. Sesi I dimulai pukul 09.00-11.15 waktu setempat dan sesi II dimulai pukul 14.00-16.15 waktu setempat. Jeda waktu pada pergantian sesi digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan.

Tonton video 'Uang Pendaftaran akan Dikembalikan Bila Peserta Tak Bisa Ikut Ujian UTBK':

(elz/ear)