KRLMania Dukung Aturan Penumpang KRL Wajib Pakai Baju Lengan Panjang

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 06:20 WIB
Antrean penumpang terjadi di Stasiun Bekasi, Jawa Barat. Antrean mengular karena adanya pembatasan jumlah penumpang di setiap rangkaian kereta.
Potret penumpang di KRL (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Penumpang kereta listrik (KRL) diwajibkan menggunakan jaket atau pakaian lengan panjang. Komunitas KRLmania menyambut baik adanya kebijakan itu.

"Bagus sih. Selama itu efektif untuk pencegahan penyebaran virus ya. Mungkin bisa pakai manset kalau yang bajunya lengan pendek," kata koordinator komunitas KRLmania Nurcahyo saat dihubungi, Sabtu (18/7/2020).

Nurcahyo mengingatkan seluruh pihak menjalankan kebijakan yang ada dengan konsisten. Termasuk penerapan protokol kesehatan di area kereta.

"Peraturan yang sebelumnya juga harus konsisten. Seperti dilarang bicara di dalam KRL, pakai masker, hand sanitizer dan jaga jarak," ujarnya.

Selain itu, Nurcahyo juga meminta PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) untuk memastikan jadwal kereta tepat waktu. Sehingga tidak terjadi penumpukan di stasiun.

"Jangan lupa juga jadwal KRL jangan pada telat, agar nggak ada penumpukan penumpang di stasiun. Kalau bisa ada penambahan jadwal lagi di peak hour (jam sibuk). Untuk menghindari penumpukan di stasiun," katanya.

Aturan penumpang KRL wajib mengenakan lengan panjang atau jaket tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Selanjutnya
Halaman
1 2