KBRI Ungkap 4 WNI Positif Corona di Kairo Nekat Pulang ke Indonesia

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 22:55 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

KBRI Kairo mengungkap empat orang WNI nekat pulang ke Indonesia meski dinyatakan positif Corona (COVID-19). Padahal KBRI Kairo sebelumnya telah menginstruksikan mereka melakukan isolasi mandiri.

Awalnya, Counsellor Fungsi Penerangan, Sosial, Budaya KBRI Kairo Ahmad Ramadhan mengatakan pihaknya menerima laporan pada 14 Juli bahwa empat orang WNI yang dinyatakan positif Corona setelah mengurus surat kesehatan sebagai persyaratan perjalanan. Mereka, yang terdiri atas satu mahasiswa dan tiga pelajar Ma'had Al Azhar, dijadwalkan pulang pada 16 Juli 2020.

"Jadwal penerbangan mereka tanggal 16 Juli 2020 dengan maskapai Etihad. Setelah adanya laporan hasil PCR positif (Corona) tersebut, KBRI Kairo telah menginstruksikan mereka untuk melakukan isolasi mandiri di asrama mereka, dan menunda kepulangan ke Indonesia hingga mereka dinyatakan negatif COVID-19," kata Ramadhan saat dihubungi, Jumat (17/7/2020).

Ramadhan mengatakan yang bersangkutan telah setuju untuk melakukan isolasi mandiri. Mereka juga dipantau oleh pengurus asrama.

"Dalam kaitan ini mereka telah menyatakan kesediaannya. KBRI Kairo juga telah menghubungi pengurus asrama agar turut memantau," ungkapnya.

"Selanjutnya KBRI Kairo pada 15 Juli 2020 menyalurkan bantuan logistik bahan pokok kepada empat WNI tersebut untuk membantu pelaksanaan isolasi mandiri mereka. Menurut informasi, status mereka yaitu konfirmasi tanpa gejala atau orang tanpa gejala," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2