Dinamika Jokowi-FX Rudy Iringi Langkah Gibran ke Pilkada Solo

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 12:47 WIB
Jokowi-FX Rudy di Istana Negara
Presiden Jokowi dan FX Hadi Rudyatmo (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Majunya Gibran Rakabuming Raka putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Pilkada Solo 2020 sempat dikaitkan dengan dinamika hubungan Jokowi dan FX Hadi Rudyatmo (Rudy). Pasang-surut komunikasi politik diakhiri dengan patuhnya Rudy kepada keputusan partai.

Gibran menjadi kader PDIP sejak 23 September 2019. Sejak saat itu, langkah maju Gibran Sang Putra Jokowi ke Pilkada Solo 2020 makin pasti saja. Di sisi lain, PDIP Solo yang dipimpin Rudy sudah mengusung pasangan calon Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa.

FX Rudy melancarkan kode keras untuk menegaskan bahwa sikapnya mendukung Purnomo-Teguh sudah sesuai dengan aturan partai. Rudy juga menyayangkan ada orang yang tidak mau melewati pencalonan dari mekanisme di bawah, namun langsung 'bypass' ke DPP.

FX Rudy tidak menyebut nama, namun sejauh ini yang melakukan cara itu adalah Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Jokowi. Lebih jelas lagi arah omongan Rudy itu adalah ketika dia menyebut latar belakang keluarga orang yang dia maksud.

"Kira-kira kalau anak saya daftar (lewat DPP) akan diterima sekjen atau ketum nggak? Kan gitu. Ini bisa menjadi preseden buruk. Buat apa mengeluarkan peraturan partai?" kata Rudy, 12 November 2019.

Rudy sudah menyebut 'anak yang mendaftar' sebagai contoh. Seolah-olah ini adalah kode keras mengkritik Gibran anak Jokowi.

Gibran Rakabuming Raka di kantor DPC PDIP Solo, Jumat (28/2/2020).Gibran Rakabuming Raka di kantor DPC PDIP Solo, Jumat (28/2/2020). (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Tonton video 'Bakal Diduetkan dengan Teguh Prakoso, Gibran: Suatu Kehormatan':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3