IPB Gandeng Bank Mandiri Dirikan Innovation and Technopreneurship Center

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 16:34 WIB
IPB Gandeng Bank Mandiri Dirikan Innovation and Technopreneurship Center
Foto: IPB Gandeng Bank Mandiri Dirikan Innovation and Technopreneurship Center (ist)
Bogor -

IPB University dan Bank Mandiri menandatangani MoU atau nota kesepahaman pendirian Gedung Mandiri-IPB Innovation and Entrepreneurship Center. Rektor IPB Prof Dr Arif Satria mengatakan, kerja sama ini adalah langkah mewujudkan visi IPB University menjadi kampus techno-sociopreneur.

Agenda ini dilaksanakan di Kampus Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/7/2020). MoU ditandatangani Prof Arif bersama Direktur Utama (Dirut) Bank Mandiri, Royke Tumilaar. Kerja sama ini adalah wujud pencapaian IPB sebagai technosocio enterpreneurial university.

Ruang lingkup kerja sama ini meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, pengembangan kewirausahaan serta pelayanan jasa keuangan antara Bank Mandiri dan IPB University.

Pada saat yang sama, keduanya juga secara seremonial melakukan peletakan batu pertama Gedung Mandiri-IPB Innovation and Entrepreneurship. Rencananya gedung ini akan menjadi pusat kegiatan inovasi dan kewirausahaan untuk para civitas IPB University. Program pendukung pun disiapkan.

IPB Gandeng Bank Mandiri Dirikan Innovation and Technopreneurship CenterIPB Gandeng Bank Mandiri Dirikan Innovation and Technopreneurship Center Foto: IPB Gandeng Bank Mandiri Dirikan Innovation and Technopreneurship Center (ist)

Dalam sambutannya, Prof Arif mengenalkan program IPB Entrepreneurship Talent Pool. Lewat program ini diharapkan nantinya bisa dilahirkan wirausaha muda baru.

"Kita ingin mencetak wirausaha by design. Mahasiswa disiapkan sejak tahun mereka kuliah dengan talent mapping. Yang memiliki minat di bisnis, pada tahun-tahun berikutnya mereka akan terus diarahkan melalui business mentoring sampai business incubation," kata Prof Arif.

Kerja sama ini, lanjut Prof Arif, merupakan gagasan yang muncul karena ada kesamaan visi antara IPB University dan Bank Mandiri. Menurutnya tak bisa sendiri dalam menghadapi era ketidakpastian. Karenanya, kolaborasi menjadi kunci agar tetap bertahan dan adaptif terhadap perubahan.

IPB Gandeng Bank Mandiri Dirikan Innovation and Technopreneurship CenterIPB Gandeng Bank Mandiri Dirikan Innovation and Technopreneurship Center Foto: IPB Gandeng Bank Mandiri Dirikan Innovation and Technopreneurship Center (ist)

Hal senada juga diungkapkan Dirut Bank Mandiri Royke Tumilaar. Ia meyakini, untuk menciptakan entrepreneur, perbankan tidak mungkin berdiri sendiri. Perlu dukungan dan kolaborasi, termasuk dengan perguruan tinggi. Royke juga turut mengapresiasi berbagai hasil inovasi IPB University. Diakuinya, hal itu tak lain karena sikap visioner yang dimiliki Prof Arif.

"Gedung Mandiri-IPB Innovation and Entrepreneurship harapannya dapat menjadi rumah bagi seluruh civitas IPB University untuk berkreasi, berinovasi, bereksperimen dan berkarya dengan semangat sehingga IPB University dapat mencetak lebih banyak alumni yang unggul dan jadi kebanggaan almamater dan bangsa Indonesia," tuturnya.

Baik IPB University maupun Bank Mandiri, keduanya berkomitmen untuk terus menjalin sinergi yang kuat, melahirkan para wirausaha muda baru sehingga dapat berkontribusi bagi pembangunan perekonomian Indonesia lebih maju di masa yang akan datang.

(hri/hri)