Kuliah di IPB University, Nikmati Fasilitas IPB Mobile

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 12:11 WIB
Kegiatan di kampus IPB University
Kuliah di IPB University, Nikmati Fasilitas IPB Mobile ( Foto: Dokumentasi IPB)
Jakarta -

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria menegaskan bahwa transformasi digital menjadi kata kunci untuk meningkatkan digital capabilities. Transformasi digital juga membuat semua komponen IPB University menjadi terkoneksi.


Sejak 2018, penyempurnaan infrastruktur digital dan integrasi sistem informasi telah dijalankan. Walhasil semua urusan akademik, sumberdaya manusia (SDM), kemahasiswaan dan keuangan di IPB University menjadi terintegrasi. Tujuannya untuk memberikan kemudahan penyajian dalam berbagai platform aplikasi digital yang bisa diakses melalui smartphone.

Hingga akhir 2019, IPB University sudah mengembangkan 50 sistem informasi manajemen (SIM). Baik dosen, mahasiswa, maupun staf, cukup membuka platform IPB Mobile sesuai statua masing-masing untuk mengetahui informasi perkuliahan secara real-time.

Kehadiran aplikasi IPB Mobile for Student sejak pertengahan 2018 disambut baik oleh mahasiswa sebagai user-nya. Aplikasi ini telah menyediakan fitur jadwal kuliah, jadwal ujian, presensi, transkrip nilai, profil akademis, riwayat pembayaran biaya kuliah, dan layanan komplain elektronik.

Selain itu, ada pula aplikasi IPB Mobile for Parents sebagai wujud transparansi informasi yang diperlukan oleh orang tua, seperti riwayat pembayaran biaya kuliah, tingkat partisipasi kehadiran mahasiswa di kelas, riwayat nilai, dan jadwal perkuliahan. Dengan fitur-fitur tersebut, orang tua mahasiswa diharapkan dapat memantau secara langsung perkembangan akademik anaknya.

"IPB Mobile for Student dikembangkan agar mahasiswa bisa efisien dalam mengajukan layanan administrasi akademik maupun kemahasiswaan. Contoh, mengajukan surat tanpa perlu bolak-balik ke rektorat karena pengajuan surat cukup dengan menggunakan aplikasi ini yang bisa diakses dari mana saja. Kami juga meluncurkan IPB Mobile Apps For Parents agar orang tua dapat memonitor kegiatan akademik anak-anaknya melalui aplikasi tersebut," kata Prof Arif Satria dalam keterangan tertulisnya.

Desain infrastruktur yang diterapkan pada sistem informasi IPB University adalah integrasi sistem di mana semua data di setiap unit kerja harus tersimpan di database. Yang penting, tidak boleh ada replikasi data.

Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Data (DSITD), Ir Julio Adisantoso, MKom mengatakan bahwa karena semua sistem datanya sudah terintegrasi, ketika disajikan dalam bentuk aplikasi mobile sudah tidak ada masalah. Aplikasi menjadi etalase dari semua data yang terintegrasi dari tiap-tiap unit kerja.

Inovasi berbasis aplikasi lainnya yang telah diterapkan untuk sivitas akademika IPB University adalah pencatatan presensi perkuliahan secara online. Cara kerjanya, mahasiswa memindai QR Code yang telah disediakan oleh sistem dengan menggunakan IPB Mobile for Student. Aplikasi ini akan mencatat waktu kehadiran dan koordinat perangkat mahasiswa serta menandai bahwa mahasiswa tersebut hadir.

Fitur IPB Mobile for Student

• Jadwal kuliah, ujian, dan bimbingan
• Absensi kehadiran dengan memindai QR code
• Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
• Profil akademik
• E-Complaint
• Pelacakan bus antar-jemput kampus
• Konseling Kartu Rencana Studi (KRS)

Fitur IPB Mobile for Parents

• Jadwal mahasiswa
• Kehadiran kuliah, praktikum, dan tanggapan
• Nilai per semester
• Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
• Tagihan dan status pembayaran SPP

(erd/erd)