6 Informasi Penting Seputar IPB University

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 17:49 WIB
Kampus IPB/ipb.ac.id
6 Informasi Penting Seputar IPB University ( Foto: Kampus IPB/ipb.ac.id)
Jakarta -

Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan pada 8 April 2020 lalu. Kini giliran jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang sedang berjalan dengan dilaksanakannya Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang I pada 5-8 Juli 2020 lalu dan akan dilanjutkan dengan Gelombang II pada 20-25 Juli 2020. Selain jalur itu, sejumlah PTN termasuk Institut Pertanian Bogor (IPB) yang kini lebih dikenal dengan nama branding IPB University juga telah melakukan seleksi melalui jalur mandiri.

IPB University melakukan seleksi masuk melalui jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), jalur Ketua OSIS, dan jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Hasil seleksi kedua jalur ini diumumkan pada 30 April 2020. Ada juga jalur mandiri lainnya yaitu Kelas Internasional telah diumumkan hasil seleksinya pada 8 Mei 2020 (untuk peserta asal Indonesia) dan 20 Mei 2020 (untuk peserta dari luar negeri).

Sementara itu, jalur mandiri Ujian Tulis Masuk Berbasis Komputer (UTMBK) akan dilaksanakan pada 2 Agustus 2020 mendatang. Pendaftaran/pembuatan akun untuk jalur ini masih dibuka hingga 27 Juli 2020.

Apa sih menariknya IPB University sehingga para siswa SMA berebut ingin jadi mahasisnya? Yuk, simak keunggulan-keunggulan kampus yang terletak di Bogor ini.

6 Hal Menarik dari IPB University


1. Universitas Kelas Dunia (World Class University)

Selama lima tahun berturut-turut, IPB University masuk dalam jajaran kampus Top 100 dunia berdasarkan QS World University Ranking (WUR) by Subject on Agriculture and Forestry. Tahun ini, IPB University menduduki peringkat ke-59 dunia dan peringkat ke-10 di Asia. Sebanyak 25 program studi di IPB University telah terakreditasi internasional.

2. Perguruan Tinggi Paling Inovatif

Menurut Business Innovation Center (BIC), dalam sepuluh tahun terakhir, IPB University adalah penghasil Inovasi Indonesia Paling Prospektif terbanyak (39 persen) di bandingkan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

3. Unggul Akademik dan Riset

IPB University menyelenggarakan pendidikan Program Sarjana dengan 38 program studi, Program Vokasi dengan 17 program studi, 3 program profesi dan Program Pascasarjana dengan 70 program studi S2 (Magister) dan 43 program studi S3 (doktor). Dengan sumberdaya dosen bergelar doktor sebanyak 898 orang, 235 orang diantaranya adalah profesor siap mengantarkan para mahasiswa menemukan kompetensi di program studi yang dipilihnya. Pada aspek riset, IPB University masuk Top 5 Perguruan Tinggi paling produktif dalam penelitian.

4. Universitas Berwawasan Kewirausahaan

Dengan kurikulum yang dilengkapi dengan mata kuliah kewirausahaan, IPB University telah menghasilkan banyak mahasiswa yang sukses berwirausaha. Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan, IPB University telah melahirkan banyak wirausaha muda sukses dengan beragam produk inovasinya. Momomilk, IndoRempah, Ecofunopoly, Kebun Jeruk Eptilu, Mitra Tani Parahyangan, STJ Farm adalah contoh bisnis-bisnis besutan anak-anak muda IPB University.

5. Kampus Prestasi

Kampus ini siap menemani mahasiswa berburu prestasi. Bisa dilihat jejak prestasi mahasiswa IPB University yang ditorehkan di berbagai ajang kompetisi baik nasional maupun internasional. Sebagai contoh, hampir tiap tahun mahasiswa IPB University berhasil menyabet juara di kompetisi internasional inovasi teknologi pangan dunia yaitu Developing Solution for Developing Country (DSDC), sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh Institute of Food Technologist Student Association (IFTSA) yang berpusat di Amerika Serikat. Bagi kamu yang bersuara emas, cocok bergabung di paduan suara mahasiswa yang telah menggaet segudang prestasi internasional. Ya, Agria Swara dan D'Voice adalah paduan suara mahasiswa yang telah melanglang buana mencetak prestasi nasional dan internasional.

Tak hanya mahasiswanya, dosennya pun langganan prestasi. Contohnya, salah satu dosen mudanya terpilih dalam GlobeAsia's 99 Most Inspiring Women. Contoh lain, dalam ajang pemilihan Academic Leader bidang Teknologi 2019, dosen IPB University berhasil di urutan pertama. Dosen berprestasi nasional Kategori Sains dan Teknologi 2019 juga dari IPB University.

Pun dengan institusinya. IPB University sering kebanjiran prestasi. Atas inovasi-inovasi yang dihasilkannya, IPB University mendapat Anugerah Widyapadhi Peringkat 1 Nasional dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Tahun 2019, 2018 dan 2017. IPB University juga meraih Penghargaan Mitra Peneliti Asing Terbaik Kategori Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2018, 2017, dan 2016.

6. Kampus Hijau

Begitu memasuki kampus IPB Dramaga, hamparan pepohonan nan rindang dan semilir angin menyapa. Kampus seluas 278 hektar ini tampak asri, hijau, teduh. Sangat cocok untuk mendukung semangat belajar kaum muda. Selama empat tahun berturut-turut, IPB University dinobatkan sebagai Kampus Hijau nomor dua di Indonesia versi UI GreenMetric.

(erd/erd)