Round-Up

Rentetan Kedatangan TKA China ke Sultra hingga Gelombang Ketiga

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 09:33 WIB
Gelombang pertama kedatangan TKA asal China tiba di Bandara Halu Oleo Kendari (Sitti Harlina/detikcom)
Foto: Gelombang pertama kedatangan TKA asal China tiba di Bandara Halu Oleo Kendari (Sitti Harlina/detikcom)
Kendari -

Kedatangan 500 tenaga kerja asing (TKA) China masuk ke Sulawesi Tenggara (Sultra) menimbulkan berbagai penolakan. Berbagai aksi demonstrasi dari massa untuk menolak kedatangan TKA China ke Sultra sudah terjadi sejak gelombang pertama.

Kedatangan TKA China di gelombang pertama terjadi pada 23 Juni 2020 di Bandara Halu Oleo Kendari, Sultra tepat pukul 20.30 Wita. Mereka berjumlah 156 orang tiba dengan menggunakan pesawat sewaan.

"Ini baru sampai, gunakan pesawat carter Lion," kata Kepala Bandara Halu Oleo, Safruddin, kepada wartawan di lokasi, Selasa (23/6/2020).

Dia mengatakan pesawat carteran yang membawa gelombang pertama itu sempat transit di Kota Manado sebelum tiba di Kendari. Dikatakannya, protokol kesehatan juga tetap dilakukan kepada TKA ini.

"Tidak ada perlakuan khusus, sama seperti penumpang biasa. Kan sudah ada petugas dari KKP yang memeriksa dokumen kesehatannya," katanya.

Kedatangan gelombang kedua TKA China yang akan bekerja di pabrik tambang di Sulawesi Tenggara (Sultra) terjadi pada 30 Juni 2020. Massa kembali turun ke jalan melakukan penolakan kedatangan TKA China ke Sultra.

Saat aksi penolakan kali ini, 1000 personel TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa. Pada gelombang kedua ini ada 105 orang TKA China masuk ke Sultra.

Sebanyak 121 tenaga kerja asing (TKA) asal China yang merupakan gelombang ketiga kembali masuk di Sultra. Seperti pada kedatangan gelombang pertama dan kedua, massa kembali turun ke jalan menolak kedatangan TKA China masuk ke wilayah Sultra.

"Gelombang ketiga, iya sudah datang jumlahnya 121," ujar External Affair Manager PT VDNI, Indrayanto saat dimintai konfirmasi, Rabu (15/7/2020).

Menurut Indrayanto, kedatangan TKA China gelombang ketiga ini masih sama seperti gelombang pertama dan kedua yakni menggunakan pesawat carter dengan maskapai Lion Air. Sebanyak 121 telah tiba pada Selasa (14/7) malam melalui Bandara Halu Oleo, Kendari.

Dikatakan Indra, saat ini TKA gelombang ketiga tersebut sudah berada di pabrik PT OSS. Mereka menjalani karantina sebagai bagian dari protokol kesehatan virus Corona (COVID-19).

"Sekarang di pabrik PT OSS menjalani karantina mandiri," jelas Indra.

Pemeriksaan kesehatan terhadap 121 TKA gelombang ketiga ini juga sudah dilakukan oleh pihak KKP saat tiba di Bandara Halu Oleo. Terkait kedatangan TKA gelombang keempat, Indra belum bisa memastikan waktunya.

"Belum tahu, masih tunggu schedule kesiapan dari Tiongkok, belum bisa dipastikan gelombang keempat," tuturnya.

(fas/aik)