Pria di Depok Kembali Perkosa Anaknya Usai Dibui, KPAI: Harus Dihukum Berat

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 08:06 WIB
Ilustrasi Pencabulan Anak. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong polisi menangkap dan menghukum berat pelaku inses di Depok, Jawa Barat, yang mengulangi kasus serupa setelah bebas dari penjara. Atas adanya peristiwa itu, KPAI akan segera berkoordinasi dengan Polres Depok dalam penyelesaian kasus ini.

"Proses hukum sangat penting untuk menurut saya maksimal plus sepertiga dan ini pemberatan harus ada pemberatan karena peristiwa ulangan. Saya kira nanti berkoordinasi dengan Polres Depok untuk penyelesaian kasus ini, ini juga hal yang penting sekali nanti kami tindak lanjuti untuk kerja sama," kata Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati kepada wartawan, Rabu (15/7/2020).

Rita menyayangkan atas kejadian seorang bapak kembali memperkosa anaknya setelah bebas dari penjara dengan kasus yang sama. Menurutnya, sebelum peristiwa terjadi seharusnya bisa dicegah dengan ibu tidak percaya terhadap pelaku untuk mengasuh anaknya.

"Menurut saya kalau sudah ada kejadian pemidanaan ada anak yang lain seharusnya dalam hal ini ibu tidak kemudian percaya karena kekerasan seksual itu kan spesifik begitu ya dan tidak sesederhana itu dan kemudian menyerahkan anak kepada bapaknya. Dari situ sebenarnya potensi untuk berpisah dengan anak ikut ibu harusnya diperhatikan sehingga kemudian tidak terjadi proses inses kembali," katanya.

Tonton video 'Ayah Perkosa Dua Anak Kandung di Trenggalek':

Selanjutnya
Halaman
1 2