Ini Proses Pertumbuhan Pada Tanaman Paku yang Berkembang Biak Menggunakan Spora

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 16:19 WIB
orangtua mendampingi anaknya belajar daring
Foto: Esti Widiyana/Ini Proses Pertumbuhan Pada Tanaman Paku yang Berkembang Biak Menggunakan Spora
Jakarta -

Program Belajar dari Rumah yang ditayangkan TVRI kembali hadir pada Selasa (14/7/2020) untuk para siswa. Edisi hari ini adalah untuk anak kelas 4, 5, dan 6 SD atau Sekolah Dasar dengan tema Proses Pertumbuhan pada Tumbuhan.

Program ini menghadirkan dua pertanyaan untuk para siswa yang bisa jadi bahan belajar. Salah satunya adalah proses pertumbuhan tanaman paku yang menggunakan spora.

Soal Belajar dari Rumah TVRI

Bagaimana proses pertumbuhan pada tanaman paku yang berkembang biak menggunakan spora?

Jawaban Belajar dari Rumah TVRI

Pada tumbuhan paku, spora merupakan inti sel yang berubah fungsi menjadi alat perkembangbiakan. Spora terletak di sporangium (kotak spora) yang berkumpul di dalam sorus. Sorus adalah kumpulan kotak spora yang berada di tepi bagian bawah daun yang berupa bintik-bintik kecoklatan.

Daun yang bisa menghasilkan spora disebut daun fertil atau daun subur. Jika sporangium pecah, spora keluar dan jatuh di tempat yang cocok. Selanjutnya akan terbentuk tumbuhan paku yang baru.

Untuk jawaban sebaiknya dicocokkan kembali dengan materi yang ada di buku pelajaran atau bahan ajar online. Dengan mencocokkan kembali, maka bisa diketahui apakah jawaban tersebut benar atau salah.

Belajar dari Rumah adalah program dari TVRI yang menemani para siswa selama pandemi COVID-19. Program ini memungkinkan tiap siswa dari seluruh jenjang sekolah belajar tanpa perlu terkendala koneksi internet.

(row/pal)