Ini Makna 'CCCP' di Kaus Berlogo Palu-Arit Milik Kasir Kafe di Makassar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 18:59 WIB
Kasir kafe di Makassar diamankan polisi karena kaus palu arit.
Kasir kafe yang memakai baju berlogo palu-arit diamankan polisi. (Dok. Istimewa)
Makassar -

Seorang kasir kafe di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), AS (26), sempat diamankan polisi usai kedapatan mengenakan kaus berlogo palu-arit. Di bagian depan kaus milik AS, ada tulisan 'CCCP', dan di huruf C pertama, ada logo palu-arit. Polisi pun mengungkap makna dari singkatan 'CCCP'.

"CCCP itu kan istilah dari Uni Soviet," ujar Kapolrestabes Makassar Kombes Yudhiawan Wibisono kepada detikcom, Senin (13/7/2020) malam.

Yudhiawan mengatakan CCCP adalah istilah Rusia zaman dulu yang bila dialihbahasakan ke bahasa Inggris berarti 'Union of Soviet Socialist Republic'.

"Bahasa Rusia kan beda tulisannya. Tapi kalau bahasa Inggris-nya Union of Soviet Socialist Republic. Jadi itu bahasa Uni Soviet zaman dulu," katanya.

Sebelumnya diberitakan, AS dipulangkan ke rumahnya 24 jam setelah diamankan pada Minggu (5/7) malam. Dalam keterangannya, polisi menyebut belum cukup kuat bukti untuk menjerat AS dalam kasus ini.

Terkait 'tak cukup bukti' tersebut, Yudhiawan mengatakan bahwa AS membeli baju berlogo palu-arit yang diimpor dari Korea tersebut secara online. AS sendiri disebut tak melihat logo palu-arit saat ia membeli baju itu.

Tonton video 'Kasir Pakai Baju Berlogo Palu Arit di Makassar Dipulangkan':

Selanjutnya
Halaman
1 2