Didemo Emak-emak agar Terima Siswa Miskin, Ini Kata Wakepsek SMAN 1 Depok

Jehan Nurhakim - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 16:43 WIB
Didemo Emak-emak Agar Terima Siswa Miskin, Ini Kata Wakepsek SMAN 1 Depok
SMA Negeri 1 Depok (Jehan Nurhakim/detikcom)
Depok -

SMA Negeri 1 Depok didemo massa yang menuntut agar siswa miskin diterima di sekolah negeri. Lalu bagaimana tanggapan pihak sekolah terkait aksi demo tersebut?

"Kita hanya menerima saja, karena tujuannya memang secara khusus, memang bukan ke kita. Tapi ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Nanti surat yang sudah disampaikan akan kami sampaikan juga ke KCD dulu, nanti dari KCD kita sampaikan ke dinas Provinsi Jawa barat," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Rosalina saat ditemui di SMA Negeri 1 Kota Depok, Pancoran Mas, Depok, Senin (13/7/2020).

Terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMAN 1 Depok, ia mengatakan pihak sekolah sudah mengikuti aturan yang berlaku. Menurutnya, pihaknya melakukan seleksi peserta didik baru sesuai petunjuk teknis yang ada.

"Kita kan bekerja berdasarkan juknis (petunjuk teknis) peraturan yang ada. Jadi ada pagar yang memang sesuai kriteria yang diterima dan kita SMA negeri bisa dilihat juknisnya persyaratan dan sebagainnya seperti apa. Mungkin tidak bisa mengakomodir semua karena terbatas," tuturnya.

Sebelumnya, sekelompok massa yang menamakan diri Gerakan Kesehatan Rakyat (GKR) Depok berdemo di depan SMAN 1 Depok sekitar pukul 11.00 WIB siang. Mereka datang sambil membawa spanduk, meminta agar sistem seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) Depok diperbaiki.

Salah satu spanduk yang dibawa bertuliskan 'Menolak Siswa Miskin = Tindakan Biadab'. Mereka juga membentangkan spanduk bertuliskan ' Aksi Solidaritas Kota Depok Untuk Siswa Miskin di Kota Depok'.

Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (GKR) Roy Pangharapan mengatakan tujuan mereka menggelar aksi adalah menuntut agar semua rakyat miskin diterima di sekolah negeri.

"Tujuan aksi ini adalah dalam rangka advokasi masyarakat miskin ditolak sekolah negeri," kata Roy saat ditemui di depan SMA 1, Pancoran Mas, Kota Depok, Senin (13/7).

Ia juga menambahkan memilih sekolah SMA Negeri 1 Depok karena lokasi ini adalah perwakilan dari sekolah di Jawa Barat. Sebelumnya, massa juga sudah mendemo kantor Pemkot.

Aksi tersebut berjalan lancar. Sekitar pukul 12.00 WIB, massa membubarkan diri.

(mea/mea)