Sekelompok Emak-emak Aksi di SMAN 1 Depok, Minta Sekolah Terima Anak Miskin

Jehan Nurhakim - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 13:14 WIB
Sekelompok Emak-emak Geruduk SMAN 1 Depok, Minta Sekolah Terima Anak Miskin
Massa berdemo di depan SMAN 1 Depok. (Jehan Nurhakim/detikcom)
Depok -

Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di depan SMA Negeri 1 Depok. Massa yang mayoritas ibu-ibu ini meminta agar sekolah mengakomodasi anak miskin.

Massa yang menamakan diri dari Gerakan Kesehatan Rakyat (GKR) Depok tiba di depan SMAN 1 Depok sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka datang sambil membawa spanduk, meminta agar sistem seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) Depok diperbaiki.

Salah satu spanduk yang dibawa bertulisan 'Menolak Siswa Miskin = Tindakan Biadab'. Mereka juga membentangkan spanduk bertulisan 'Aksi Solidaritas Kota Depok untuk Siswa Miskin di Kota Depok'.

Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (GKR) Roy Pangharapan mengatakan tujuan mereka menggelar aksi adalah menuntut agar semua rakyat miskin diterima di sekolah negeri.

"Tujuan aksi ini adalah dalam rangka advokasi masyarakat miskin ditolak sekolah negeri," kata Roy saat ditemui di depan SMA 1, Pancoranmas, Kota Depok, Senin (13/7/2020).

Ia menambahkan memilih SMA Negeri 1 Depok karena lokasi ini adalah perwakilan dari sekolah di Jawa Barat. Sebelumnya, massa juga sudah mendemo kantor Pemkot.

"Mereka bergeming. Karena itu, kita datang ke SMA 1 Depok sebagai perwakilan dari Jawa barat," katanya.

Roy menyebut aksi akan terus dilaksanakan sebelum pihak sekolah memenuhi tuntutan mereka. Ia juga mengancam akan membangun tenda di depan sekolah.

"Kami akan bertahan, kami akan buat tenda depan sekolah ini," imbuhnya.

Namun, pada pukul 12.00 WIB, massa meninggalkan lokasi. Selama aksi, massa kondusif.

(mea/bar)