Beredar Video Wasit 'Diinjak' di Stadion Patriot Bekasi, Ini Kata Kadispora

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 15:48 WIB
Stadion Patriot Candrabhaga
Stadion Patriot Candradhaga Bekasi (Randy Prasatya/detikSport)
Bekasi -

Sebuah video viral beredar memperlihatkan kericuhan pada saat pertandingan sepakbola di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Disebut-sebut, seorang wasit diinjak oleh pemain dari salah satu klub sepakbola dalam kejadian itu.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Bekasi Ahmad Zarkasih membenarkan adanya kejadian pada Minggu (12/7) kemarin. Zarkasih mengatakan peristiwa itu terjadi ketika dua klub lokal tengah mengadakan pertandingan funfootball.

"Ada pertandingan antarklub, kalau mereka kan hanya just for fun aja dan di situ ada terjadi insiden," kata Zarkasih saat dihubungi wartawan, Senin (13/7/2020).

Zarkasih membantah jika dikatakan wasit tersebut diinjak. Menurutnya, saat itu hanya terjadi dorong-dorongan karena salah satu klub kecewa akan keputusan wasit.

"Sebetulnya bukan penginjakan wasit, cuma ada keputusan wasit yang tidak diterima oleh salah satu tim dan akhirnya terjadi dorong," katanya.

Zarkasih mengungkapkan peristiwa itu terjadi ketika wasit meniup peluit dan menyatakan pemain telah melakukan hands ball.

"Ya kalau di lapangan sih dari informasi yang saya dapat, dari panitia, yang mestinya tidak hands ball sama wasit (dianggap hands ball), karena mungkin posisi wasit agak jauh, jadi tidak terlihat gitu," lanjutnya.

"Jadi dikira hands ball, disemprit (peluit), protes dia main dorong-dorongan padahal sama-sama kenal itu mah," sambungnya.

Menurutnya, kasus ini sudah diselesaikan secara kekeluargaan. Pelaku juga sudah meminta maaf atas kejadian itu. Zarkasih menilai insiden itu hanya kesalahpahaman semata.

"Kemarin juga kita langsung panggil, langsung cek lagi, mereka sudah meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi lagi. Kejadian tersebut sebetulnya hanya salah paham di lapangan saja," tuturnya.

Lebih lanjut, Zarkasih menyebut tidak ada luka yang diderita wasit akibat kejadian itu.

"Nggak ada terluka sama sekali, nggak ada terluka, cuma didorong gitu. Main dorong-dorong gitu kan kebetulan karena memang, main dorongan, jatuh wasitnya," tuturnya.

(mei/hri)