Pemkot Pekanbaru Telusuri Sekolah Swasta Gelar Belajar Tatap Muka di Kelas

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 15:30 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wayono-detikcom)
Pekanbaru -

Pemkot Pekanbaru belum mengizinkan belajar mengajar digelar secara tatap muka pada awal tahun ajaran baru 2020-2021. Para pelajar masih belajar dengan sistem daring atau online demi mencegah penyebaran virus Corona.

"Hari ini aktivitas belajar telah dimulai. Hanya saja kita belum memberlakukan proses belajar mengajar di kelas. Proses belajar masih dilakukan secara online dan belajar para siswa di rumah masing-masing," kata Kabag Humas Pemkot Pekanbaru, Irba Sulaiman, kepada wartawan, Senin (13/7/2020).

Irba mengatakan pihaknya masih mengikuti aturan dari Kemendikbud soal sekolah yang diizinkan buka saat masa pandemi. Proses belajar tingkat SD-SMP di Pekanbaru, katanya, masih dilakukan secara daring. Sementara, tingkat SMA merupakan kewenangan Pemprov Riau.

"Jadi untuk SD dan SMP sederajat di Pekanbaru belum diperbolehkan belajar ke lokal. Proses belajar selama pandemi ini tetap dilanjutkan di rumah masing-masing," kata Irba.

Dia juga menyebut pihaknya menerima laporan masyarakat soal adanya SD swasta yang melaksanakan proses belajar mengajar di ruang kelas. Irba menyebut sekolah swasta tersebut menggelar belajar tatap muka selama 3 jam.

"Ini yang lagi kita kumpulkan informasinya. Kita akan panggil pihak sekolah yang melakukan proses belajar di sekolah. Walaupun laporannya para siswa hanya belajar selama 3 jam dengan sistem jumlah siswa yang terbatas," kata Irba.

Irba menyebut pihak sekolah terkait bakal dipanggil untuk dimintai keterangan. Menurutnya, Pekanbaru masih masuk zona merah sehingga sekolah belum boleh buka lagi.

"Kami lagi kumpulkan datanya soal sekolah itu. Kita mau tahu apa dasar mereka membuka sekolah, satu sisi kita tidak memberikan izin untuk sistem tatap muka selama pandemi. Pekanbaru nasih zona merah walau mendekati kuning," tutup Irba.

Tonton video 'DPR Minta Kemendikbud Bentuk Tim Pemantau Sekolah di Zona Hijau':

(cha/haf)