Melihat MPLS Virtual di Hari Pertama Masuk Sekolah saat Pandemi COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 13:55 WIB
mpls sma di jabar
MPLS di Jabar (Foto: Whisnu Pradana)
Jakarta -

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS tahun ajaran baru 2020-2021 di sejumlah daerah terpaksa dilakukan secara virtual. Pandemi COVID-19 atau Corona yang belum juga mereda menyebabkan murid baru tahun ini baik dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga sekolah lanjutan atas harus belajar secara daring dari rumah.

Di Jakarta misalnya, pengenal lingkungan sekolah baru pun dilakukan secara virtual. Meski tak bertatap muka secara langsung, namun ribuan murid baru yang hari ini menjalani MPLS terlihat semangat. Menggunakan piranti seperti Smartphone mau pun Laptop, dengan seragam sekolah masing-masing para murid baru itu nampak antusias mengikuti setiap sesi MPLS.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo bahkan turut mengisi MPLS di SMAN 6 Jakarta. Pria yang akrab disapa Bamsoet ini mewakili para orang tua/wali murid dalam MPLS dan serah terima siswa ke pihak sekolah SMAN 6 Jakarta di Jakarta.

Kepada para siswa baru dia berpesan agar membiasakan diri berorganisasi, baik melalui OSIS maupun kegiatan ekstrakulikuler, sebagai tempat menempa karakter. Melalui organisasi sekaligus menjadi pelengkap bagi pendidikan formal yang telah didapatkan di kelas sekolah.

"Manfaatkan waktu masa muda dengan kegiatan yang positif. Jangan memakai Narkoba, Miras, dan segala macam bentuk kegiatan negatif lainnya. Gelora semangat jiwa muda harus disalurkan ke hal-hal yang positif, misalnya melalui berorganisasi. Selain bisa menambah pengalaman, juga bisa memperkuat jaringan persahabatan yang kelak akan membantu anak-anaku sekalian mengarungi kehidupan di masa mendatang," kata Bamsoet.

Di Kabupaten Bandung Barat , Jawa Barat MPLS juga dilakukan secara virtual. Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan KBB Dadang A Sapardan mengatakan, siswa TK, SD, dan SMP di Kabupaten Bandung Barat (KBB) menerapkan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Tahun Ajaran Baru 2020-2021.

Ada dua model pembelajaran yang diterapkan, yakni pembelajaran dalam jaringan atau online serta pembelajaran luar jaringan atau offline. Terkait Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS, setiap sekolah disarankan menyiapkan video profil sekolah dan materi-materi lainnya yang nantinya dibagikan kepada murid baru. "MPLS lewat daring juga kemarin sudah disosialisasikan ke sekolah harus membuat video profil sekolah dan materi sekolah juga," kata Dadang.

Di Surabaya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga memberikan pesan kepada siswa SMA dan SMK dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS . Dia berpesan agar para pelajar menyiapkan tanagga untuk meraih cita-cita setinggi langit.

"Bangun cita-cita itu, siapkan tangga untuk menggapai cita-cita. Kalau anak-anak menyiapkan tangga untuk mencapai cita-cita, pasti tidak akan ada waktu yang terbuang. Apa lagi waktu yang kemudian itu merugikan, misalnya coba-coba narkoba, mohon maaf, anak-anak bukan waktunya clubbing, misalnya," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (13/7/2020).



(erd/pal)