Jumlah Laboratorium Ditambah, Jokowi Ingin Target 30 Ribu Tes Corona Tercapai

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 13:34 WIB
Presiden Jokowi dalam peringatan hari lahir Pancasila, Senin (1/6/2020).
Presiden Jokowi (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jumlah tes Corona terus ditingkatkan. Dia ingin target 30 ribu PCR test per hari tercapai.

"Untuk tes, harus ditingkatkan jumlah PCR test dengan menambah lab-lab yang ada di daerah plus mobile lab PCR," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas Percepatan Penanganan Dampak Pandemi COVID-19 di Istana Merdeka, Senin (13/7/2020).

"Yang kita harapkan target yang sesuai saya sampaikan bisa tercapai, 30 ribu," sambungnya.

Testing merupakan satu bagian dari 3T yang ditekankan Jokowi. Dua lainnya adalah tracing dan treatment.

"Tracing penelusuran untuk ODP maupun PDP, kemudian memberikan isolasi mandiri dan treatment ini peningkatan fasilitas kesehatan rumah sakit khususnya bed, APD, obat-obatan, ventilator, kamar isolasi yang ini juga masih memerlukan tambahan-tambahan untuk provinsi-provinsi yang tadi sebut," papar Jokowi.

"Kalau memang kekurangan, ini agar Kementerian Kesehatan bisa menyampaikan kepada Menteri PU untuk segera diselesaikan," lanjutnya.

Secara khusus, Jokowi meminta agar delapan provinsi dijadikan prioritas untuk penerapan 3T ini. Delapan provinsi itu adalah Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua.

"Saya minta ini diberikan prioritas khusus untuk testing, tracing, dan treatment ini di delapan provinsi," ungkapnya.

(imk/bar)