Ini 8 Provinsi yang Jadi Atensi Jokowi soal Kasus Corona

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 11:38 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti kenaikan jumlah kasus positif Corona (COVID-19) dalam beberapa terakhir ini. Jokowi menugaskan Gugus Tugas COVID-19 untuk memberikan perhatian di delapan provinsi.

"Ada delapan provinsi yang menjadi atensi Bapak Presiden, yaitu Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, dan Papua," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam tayangan yang disiarkan langsung di akun YouTube Setpres, Senin (13/7/2020).

Doni mengatakan khusus di Provinsi Papua kini sudah mengalami kemajuan. Sistem penegakan disiplin dengan kearifan lokal di sana, kata Doni, patut dijadikan contoh dalam pencegahan penularan COVID-19.

"Kita lihat Papua sudah mengalami kemajuan. Pak Menko dan Menkes beberapa hari lalu berkunjung ke Papua. Ada suatu strategi yang kita lihat di mana Papua melakukan penegakan disiplin berdasarkan kearifan lokal. Kita lihat kasus di Papua mengalami penurunan dan angka sembuhnya mengalami peningkatan," katanya.

Sebelumnya, Jokowi menekankan pentingnya 3T, yaitu 'testing, tracing, treatment', dalam penanganan penyebaran virus Corona saat ini. Ada delapan provinsi yang menjadi prioritas

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka ratas Percepatan Penanganan Dampak Pandemi COVID-19. Jokowi menyoroti kenaikan jumlah kasus positif Corona dalam beberapa waktu terakhir, yang mencapai sekitar 1.600 kasus, lalu melonjak jadi 2.500.

"Ada tiga hal yang ingin saya sampaikan, yaitu tetap pada concern kita untuk memastikan 3T: testing, tracing, dan treatment," kata Jokowi di Istana Merdeka, Senin (13/7/2020).

Tonton video 'Doni Monardo: Corona Ibarat Malaikat Pencabut Nyawa':

(eva/imk)