Yuk Intip Fitur-fitur SIMAK IPB!

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 18:34 WIB
Kampus Fakultas Pertanian IPB
ilustrasi SIMAK IPB (Foto: AN Uyung Pramudiarja)
Jakarta -

Detikers yang kuliah di Institut Pertanian Bogor tentunya sudah tidak asing dengan SIMAK IPB. Ya, SIMAK adalah singkatan dari Sistem Informasi Akademik. Apa saja kegunaan aplikasi ini? Yuk simak penjelasan mengenai SIMAK IPB di bawah ini!

Mengenal SIMAK

SIMAK IPB adalah adalah sebuah aplikasi yang terintegrasi dengan semua sistem yang dikembangkan oleh IPB. SIMAK berfungsi dalam pengelolaan administrasi akademik, mulai dari mata kuliah, penyusunan kurikulum, penyusunan jadwal kuliah, penyusunan pengajar mata kuliah, pengisian KRS, proses belajar mengajar, pengelolaan nilai, evaluasi proses belajar mengajar, mencetak transkrip berbagai laporan akademik, hingga wisuda untuk seluruh jenjang pendidikan di IPB baik Vokasi, Sarjana maupun Pascasarjana.

Mulai dari saat masih mengikuti program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) sampai lulus, Detikers yang kuliah di PTN ini akan terus berurusan dengan SIMAK ya. Apalagi mahasiswa PPKU karena harus melakukan berbagai proses administrasi.

Cara Mengakses SIMAK

Bagaimana cara mengakses SIMAK? Caranya mudah sekali, kamu cukup melakukan cara-cara berikut:

  • Buka Laman SIMAK

Yang pertama harus kamu lakukan adalah membuka browser. Kemudian, masukkan URL situs SIMAK yaitu simak.ipb.ac.id.

  • Login ke SIMAK

Selanjutnya, kamu perlu klik Login pada bagian kanan atas. Lalu, login dengan menggunakan akun yang juga digunakan untuk akses wifi kampus dan Learning Management System (LMS).

  • Dashboard

Setelah login, kamu akan dibawa ke halaman dashboard utama yang menunjukkan status semester terakhir kamu, jumlah mata kuliah dan Satuan Kredit Semester (SKS) yang sudah diambil, dan juga grafik pergerakan Indeks Prestasi (IP) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Sekarang kamu bisa mengakses fitur-fitur di SIMAK.

Fitur SIMAK

SIMAK memiliki banyak fitur untuk membantu mahasiswa Institut Pertanian Bogor, contohnya:

  • Biodata pengguna

Kamu bisa melihat data pribadi kamu seperti nama, alamat, pendidikan terakhir, dan lain-lain. Perlu diingat kalau halaman ini berisi informasi pribadi yang sifatnya sensitif. Jadi, jangan sampai username dan password kamu bisa diretas orang dengan mudah ya!

  • Pengisian KRS online

Setiap awal semester kita harus mengisi Kartu Rencana Studi atau KRS. Kalau dulu KRS dilakukan secara manual menggunakan kertas, sekarang kamu bisa melakukannya secara online. Sebelum adanya fitur ini di SIMAK, ada web sendiri untuk KRS yaitu krs.ipb.ac.id. Tapi sekarang fitur ini sudah tersedia di SIMAK. Selain hemat kertas dan biaya, sistem ini juga lebih praktis.

  • Jadwal kuliah

Tidak perlu takut salah jadwal atau lupa masuk kelas, Detikers. Sebab, kamu bisa mengecek jadwal dengan mudah di SIMAK.

  • Jadwal ujian

Karena kesibukan dan banyaknya mata kuliah yang harus diambil, kadang-kadang kita lupa jadwal ujian. Jangan sampai itu terjadi ya Detikers! Sedih banget kan, kalau harus mengulang mata kuliah cuma karena lupa ujian? Untungnya, di SIMAK kamu bisa melihat jadwal dan tempat ujian kamu.

  • Pengisian EPBM online

Dulu, kalau kita mau mengisi evaluasi proses belajar mengajar (EPBM), kita harus mengakses situs lain yaitu epbm.ipb.ac.id. Repot kan, kalau untuk semua kegiatan ada situsnya sendiri? Tidak heran sekarang fitur KRS dan EPBM online sudah terintegrasi di SIMAK IPB. Kamu tidak perlu repot lagi.

  • Pendaftaran wisudawan

Kalau kamu mau mendaftar wisuda, kamu juga bisa melakukannya lewat SIMAK. Caranya dengan membuka fitur pendaftaran wisudawan.

  • Informasi biaya kuliah

Terakhir yang tidak kalah penting, kamu bisa melihat informasi biaya kuliah yang perlu dibayar. Jangan sampai terlambat bayar biaya kuliah ya, karena sudah bisa dicek di SIMAK IPB!

(erd/erd)