Pemkab Sumedang Soroti Banyak Anak Tak Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 20:05 WIB
ibu anak pakai masker
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang mengingatkan masyarakat agar protokol kesehatan pencegahan COVID-19 diindahkan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Berdasarkan pantauan pemkab, masih banyak anak-anak yang tak mengenakan masker ketika keluar rumah.

Imbauan tersebut disampaikan Pemkab Sumedang, mengingat anak-anak merupakan golongan yang rentan terhadap penularan COVID-19. Dalam keterangan resmi, Pemkab Sumedang menyampaikan agar orang tua memakaikan anaknya masker. Apabila anak merasa tidak nyaman, dapat dipakaikan face shield sebagai gantinya.

Demi menjamin keselamatan anak, Pemkab Sumedang masih melarang sekolah menjalankan kegiatan belajar mengajar tatap muka. Hal itu dijelaskan dalam surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Nomor : 800/3812/Disdik/2020 tanggal 9 Juli 2020.

Agar Kabupaten Sumedang bisa segera masuk zona hijau, pemkab menegaskan kepada seluruh masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan. Pemkab Sumedang juga mengingatkan warganya agar menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari penyebaran COVID-19.

Saat ini, di Kabupaten Sumedang tersisa dua pasien positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan. Adapun 12 dari 14 pasien positif telah dinyatakan sembuh.

Meskipun sebagian besar pasien positif telah sembuh, upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Sumedang masih gencar dilakukan. Desa Siaga Korona tetap disiagakan untuk menghindari dan mengidentifikasi penularan virus Corona di tingkat desa, sehingga bisa ditindaklanjuti dengan cepat.

(akn/ega)