Masih Ada Anak-anak Ikut CFD JLNT Antasari Jaksel, Ini Penjelasan Satpol PP

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 11:10 WIB
Penampakan anak-anak di JLNT Antasari (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Penampakan anak-anak di JLNT Antasari (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Masih ada anak-anak yang datang ke car free day di jalan layang nontol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan. Satpol PP mengaku sudah melakukan imbauan.

"Kadang saya juga memonitor, (petugas) tegur lewat HT. Saya bilang ini 'anak jangan sampai masuk'. Cuma terkadang orang tua masih memaksakan. (Nanti malah) timbul keributan di pintu masuk, jalur ini (JLTN Antasari). Dan kita selalu tetap mengimbau, kita persuasif," kata Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Ujang Harmawan di depan Kantor Wali Kota Jaksel, Jalan Prapanca Raya, Kebayoran Baru, Jaksel, Minggu (12/7/2020).

Ujang menjelaskan balita dan lansia diimbau tidak ikut CFD. Namun, lanjutnya, anak kecil yang datang bersama orang tuanya bisa menangis bila dilarang masuk. Akibatnya, malah timbul keributan.

"Iya (orang tua anak ngeyel), gitu aja. Mungkin istilahnya (ada anak-anak di JLNT Antasari menjadi bahan) evaluasi di lokasi olahraga bersama," lanjutnya.

Ujang menambahkan masih banyak pengunjung yang tidak memakai masker dengan benar. Imbauan dan teguran pun terus diberikan agar semua pengunjung yang datang ke flyover Antasari memakai masker dengan benar.

CFD di JLNT Antasari, dia katakan, sudah dilaksanakan dalam beberapa minggu terakhir. Pada pelaksanaan hari ini, kata Ujang, tidak ada pengunjung yang membawa hewan ke flyover Antasari.

"Untuk selama ini hewan, mungkin ada beberapa. Cuma karena lokasinya dekat dengan permukiman, kita arahkan balik lagi ke arah permukiman. Ada memang, tapi tidak banyak. Belum dapat laporan (yang membawa hewan). Tapi hari ini kebanyakan sih pelanggaran pemakaian masker tidak benar saja," ucap Ujang.

Ujang mengaku ada pemeriksaan suhu tubuh pengunjung CFD di JLNT Antasari. "Ya, memang ada pemeriksaan suhu tubuh. Tapi petugas yang pegang thermo gun-nya mungkin (sedang pergi) ke mana. Tapi biasanya ada. Termasuk juga di posko-posko ketika ada pelanggaran tidak pakai masker, kita juga khawatir yang tidak pakai masker ini, kita (cek suhu tubuhnya) pakai thermo gun," jelasnya.

CFD di JLNT Antasari telah selesai. Road barrier, yang sebelumnya digunakan untuk menutup jalan agar tidak ada mobil yang melintas, sudah dibuka. Sekitar pukul 09.05 WIB, flyover Antasari telah bisa dilintasi mobil kembali.

Tonton video 'Tak Bermasker, Puluhan Warga Kena Sanksi di Bundaran HI':

(gbr/gbr)