Menteng Zona Merah Corona, Begini Suasana di Jalan Amir Hamzah Pagi Ini

Wilda Nufus - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 09:31 WIB
Suasana di Jalan Amir Hamzah pukul 08.30 WIB.
Suasana di Jalan Amir Hamzah pukul 08.30 WIB. (Foto: Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Kawasan khusus pesepeda (KKP) di Jalan Amir Hamzah, Menteng, Jakarta Pusat ditiadakan karena masuk zona merah penyebaran virus Corona (COVID-19). Suasana di kawasan itu pun tampak sepi dari aktivitas olahraga.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 08.30 WIB, Minggu (12/7/2020), jalanan di sekitar terlihat sepi. Kondisi di area Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah pun nampak tak ada kegiatan.

Sementara itu, masih ada pedagang kaki lima di pinggir jalan yang menjajakan dagangannya. Mereka terlihat duduk sembari menunggu pembeli.

Suasana di Jalan Amir Hamzah pukul 08.30 WIB.Suasana di Jalan Amir Hamzah, Menteng, pukul 08.30 WIB. (Foto: Wilda Nufus/detikcom)

Meski tidak ada aktivitas di sekitar, namun masih ada hilir mudik kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang berlalu lalang. Portal di sekitar area perumahan juga nampak dibuka namun belum terlihat ada petugas yang berjaga.

Diketahui, Jalan Amir Hamzah, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, menjadi salah satu dari 32 lokasi kawasan khusus pesepeda (KKP) yang disediakan sebagai lokasi olahraga pengganti car free day (CFD) Sudirman-Thamrin. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas olahraga di lokasi tersebut esok hari karena Menteng masuk dalam zona merah virus Corona (COVID-19).

"Benar (Menteng masuk Zona Merah). Kami mengimbau warga untuk tidak berolahraga di ruas jalan tersebut karena di sana tidak dilaksanakan Kawasan Khusus Pesepeda," kata Syafrin melalui pesan singkat, Sabtu (11/7).

Syafrin menyampaikan, total hanya ada tujuh kawasan pesepeda di Jakarta Pusat yang masih dijadikan sebagai KKP besok. Ketujuh area itu dapat digunakan masyarakat sebagai lokasi untuk berolahraga.

"Untuk wilayah Jakarta Pusat hanya ada 7 Kawasan Khusus Pesepeda karena Jl Amir Hamzah ditiadakan," ujar Syafrin.

Tonton video 'Gelombang Pertama Corona Diprediksi Belum Usai hingga Akhir 2020':

(idn/idn)