Pemprov DKI Luncurkan Portal Belajar Jarak Jauh untuk Tahun Ajaran Baru

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 22:48 WIB
Seorang murid sekolah dasar (SD) belajar melalui siaran streaming TVRI di rumahnya, di Padang, Sumatera Barat, Senin (13/4/2020). Kemendikbud resmi meluncurkan program Belajar dari Rumah bersama TVRI mulai Senin hingga Jumat, dengan total durasi tiga jam per hari untuk semua tayangan sebagai alternatif belajar di tengah pandemi virus korona (COVID-19). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp.
Foto: Ilustrasi (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap menerapkan pembelajaran jarak jauh pada tahun ajaran baru 2020/2021 yang akan dimulai pada 13 Juli 2020. Pemprov DKI pun meluncurkan portal pembelajaran jarak jauh untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

"Selama kondisi pandemi, pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh dan blended learning. Kebijakan mengenai pembelajaran masa transisi menyesuaikan SKB 4 Menteri dan keputusan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/7/2020).

Disdik DKI Jakarta meluncurkan portal siap belajar yang dapat diakses di siapbelajar.jakarta.go.id atau bisa juga diakses melalui website disdik.jakarta.go.id sebagai sumber utama rujukan informasi bagi masyarakat untuk mengetahui kegiatan belajar dan mengajar. Para guru, orang tua, dan siswa dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan pembelajaran masa transisi.

Disdik DKI Jakarta juga berkolaborasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi DKI Jakarta untuk membuat konten siap belajar. Adapun sejumlah konten utama pada siap belajar Jakarta sebagai berikut:

1. Prosedur informasi standar pelaksanaan pembelajaran masa transisi;
2. Panduan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi peserta didik baru;
3. Panduan orientasi peserta didik lama, guru, dan orang tua;
4. Panduan dan materi blended learning bagi guru, orang tua dan peserta didik;
5. Asesmen kesiapan satuan pendidikan. Pada poin asesmen kesiapan satuan pendidikan, sekolah/madrasah baik negeri dan swasta wajib mengisi asesmen yang dimaksud untuk memastikan kesiapan kondisi dan lingkungan, walaupun PJJ tetap berlangsung.

Selanjutnya
Halaman
1 2