Viral Isu Pelajaran Bahasa Arab-PAI di Madrasah Dihapus Kemenag, Ini Faktanya

Idham Kholid - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 16:56 WIB
Gedung Kemenag/Istimewa
Gedung Kemenag (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pelajaran bahasa Arab dan pendidikan agama Islam (PAI) untuk tahun pelajaran 2020/2021 menjadi pembahasan di lini masa. Netizen menyebut dua mata pelajaran itu dihapus di kurikulum madsarah. Kementerian Agama (Kemenag) memberi penjelasan.

Madrasah yang dimaksud adalah madrasah ibtidaiyah (MI/setingkat SD), madrasah tsanawiyah (MTs/setingkat SMP), dan madrasah aliyah (MA/setingkat SMA). Netizen mengomentari salinan keputusan yang menyebut mata pelajaran PAI dan bahasa Arab di madrasah tidak berlaku lagi.

Tonton juga 'Kemenag: Ponpes yang Tak Pulangkan Santri Tetap Laksanakan KBM':

[Gambas:Video 20detik]

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, A Umar, mengatakan bahwa madrasah, baik ibtidaiyah (MI), tsanawiyah (MTs), maupun aliyah (MA), akan menggunakan kurikulum baru untuk pendidikan agama Islam dan bahasa Arab. Madrasah akan memulai tahun pelajaran 2020/2021 pada 13 Juli mendatang.

"Mulai tahun pelajaran 2020/2021, pembelajaran di MI, MTs, dan MA akan menggunakan kurikulum baru untuk Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab," kata Umar seperti dalam siaran pers yang dilihat detikcom di website Kemenag, Sabtu (11/7/2020).

Umar menjelaskan, Kemenag telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) No 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Selain itu, diterbitkan KMA 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah.

Selanjutnya
Halaman
1 2