Dilantik, Kakanwil Kemenag Aceh Janji Berantas Pungli

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 17:04 WIB
Kakanwil Kemenag Aceh Iqbal (Agus Setyadi-detikcom)
Foto: Kakanwil Kemenag Aceh Iqbal (Agus Setyadi-detikcom)
Banda Aceh -

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi melantik Iqbal sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh. Iqbal mengaku bakal meningkatkan kualitas guru dan madrasah selama menjabat.

Pelantikan Iqbal dilakukan secara virtual, Jumat (10/7/2020). Iqbal bersama sejumlah pejabat Kemenag Aceh berada di Aula Kanwil Kemenag Aceh dan melihat pelantikan lewat monitor.

Iqbal mengatakan, bakal melakukan pembenahan di Kemenag Aceh. Ada beberapa hal yang menjadi fokus Iqbal.

"Ada beberapa hal ke depan yang akan kita lakukan yang pertama peningkatan dan pembenahan administrasi termasuk kepegawaian dan sebagainya," kata Iqbal usai pelantikan.

Hal lain yang akan dilakukan, kata Iqbal, yaitu menyangkut dengan pembinaan keagamaan dan kerukunan di Aceh. Iqbal juga mengaku bakal melakukan peningkatan di bidang haji, zakat dan wakaf.

"Sehingga informasi tentang haji kemudian baik pelaksanaannya maupun lainnya akan terlaksana dengan baik," jelas Iqbal.

"Kita juga akan lakukan peningkatan pendidikan madrasah termasuk peningkatan kompetensi guru dan lembaga pendidikan madrasah itu sendiri," sambung mantan Kepala Kantor Kemenag Aceh Barat Daya ini.

Selain itu, Iqbal juga akan melakukan verifikasi dan pengecekan terkait informasi adanya Kantor Urusan Agama (KUA) yang kosong saat jam kerja. Dia berjanji memberantas pungli.

"Kemudian menyangkut pungli kita juga harus cross check ke lapangan. Belum tentu pungli itu dilakukan oleh kepala KUA bisa jadi pengambilan itu oleh masyarakat, oleh aparat desa bisa jadi mengatasnamakan kepala KUA. Kalau pun nanti KUA yang melakukan pasti nanti akan dilakukan pembinaan bahkan kalau terbukti ada konsekuensi yang diberikan," pungkasnya.

(agse/haf)