Antisipasi Penyelundupan Narkoba-Imigran, TNI AL Patroli di Laut Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 14:34 WIB
TNI AL Patroli di Perairan Selat Malaka Aceh
Foto: Agus Setiyadi/detikcom
Banda Aceh -

Pangkalan TNI AL (Lanal) Lhokseumawe menggelar patroli laut menyisir perairan Selat Malaka, Aceh, untuk mencegah penyelundupan sabu, senjata, dan imigran. Patroli digelar dengan memeriksa dan menelusuri kapal-kapal nelayan yang berada di sepanjang perairan.

"Selat Malaka merupakan choke points yang sangat strategis jalur pelayaran, di samping itu juga menjadi jalur perdagangan internasional yang memiliki lalu lintas terpadat. Namun, kondisi tersebut sangat rentan terhadap aksi kejahatan perompakan dan pembajakan," kata Komandan Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Muhammad Dimmy Oumry, Jumat (10/7/2020).

Patroli digelar pada Kamis (9/7) kemarin dengan menyisir garis pantai, dari perairan Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Langsa, sampai Seruway, Aceh Tamiang, menggunakan kapal Angkatan Laut (KAL) Bireuen I-1-70. Dalam patroli tersebut, TNI AL menyambangi kapal-kapal milik nelayan.

"Tujuannya kita menggelar patroli juga untuk mengantisipasi penyeludupan senjata, narkoba, illegal immigrant, serta perompakan di laut," jelas Dimmy.

Menurutnya, salah satu fokus operasi laut tersebut juga untuk mencegah keluar-masuk WNI dan WNA dari jalur ilegal. Dimmy mengimbau warga Lhokseumawe dan sekitarnya menghindari melakukan migrasi ke negara tetangga atau membantu pelintasan WNA karena dapat mengganggu pencegahan pandemi COVID-19.

"Operasi yang digelar Lanal Lhokseumawe dapat berhasil, kalau terjalin kemitraan yang baik dengan masyarakat. Tentu sebelumnya dengan instansi terkait," ujarnya.

(agse/maa)