Tanggulangi Corona, Panglima TNI dan Kapolri Resmikan Kampung Tangguh Nusantara 

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 04:20 WIB
Panglima TNI dan Kapolri
Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (dok.istimewa)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi wisata Ketapang Urban Agriculture di Tangerang, Banten. Dalam kesempatan itu, Kapolri dan Panglima meresmikan kampung tangguh nusantara sebagai garda terdepan untuk menangani pandemi virus Corona.

Sebelum meluncurkan kampung tangguh nusantara, acara diawali dengan Panen Raya Nusantara sebagai bentuk sinergitas TNI-Polri untuk memulihkan ekonomi masyarakat di masa Pandemi COVID-19. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, kesediaan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat itu harus tetap terjaga.

"Panen Raya Nusantara menjadi bukti kesungguhan TNI-Polri membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19," ujar Hadi dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (9/7/2020).

Hadi menjelaskan bahwa Indonesia memiliki keistimewaan karena menjadi sebagai negara maritim. Sehingga memiliki hewan laut yang melimpah sebagai sumber protein tinggi.

"Yang tidak kalah penting sesungguhnya peningkatan konsumsi protein hewani yang bersumber dari ikan oleh masyarakat. Kecukupan gizi, terutama bagi anak-anak kita, akan menghasilkan generasi penerus yang tangguh dan berkualitas," tutur Hadi.

Dalam acara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Jenderal Idham Aziz juga melakukan pertemuan virtual dengan 34 Kepolisian Daerah di seluruh Indonesia. Di tempat lain, kepolisian daerah juga melakukan hal serupa.

Seperti di Majalengka, Polda Jawa Barat melangsungkan panen 8 hektar tanaman padu dan menebar satu ton benih ikan nila, mas, dan lele. Di Kabupaten Sidoarjo, Polda Jawa Timur juga menebar benih ikan bandeng di tambak sebagai langkah swasembada untuk petani lokal Kecamatan Sedati.

Selanjutnya
Halaman
1 2