Buntut Dugaan Pemukulan Saksi, Kapolsek Percut Sei Tuan Dicopot

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 21:21 WIB
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja (Ahmad Arfah-detikcom)
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Penyelidikan kasus dugaan pemukulan saksi oleh oknum polisi saat proses pemeriksaan di Polsek Percut Sei Tuan, Deli Serdang, terus dilakukan. Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Otniel Siahaan dicopot dari jabatannya.

"Kapolsek sudah diserahterimakan," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja kepada wartawan, Kamis (9/7/2020).

Selain itu, ada delapan orang personel Polsek Percut Sei Tuan yang juga ditarik ke Polrestabes. Mereka ditarik untuk menunggu sidang disiplin.

"Delapan ditarik ke Polrestabes menunggu sidang disiplin," ucap Tatan.

Dia mengatakan saat ini ada sembilan polisi yang sudah diperiksa. Empat di antaranya berpangkat perwira dan lima orang lainnya brigadir.

"Apabila memang ditemukan pelanggaran hukum, sanksi hukuman disiplin yang diberikan sesuai dengan Pasal 9 PP RI Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, yaitu berupa teguran tertulis, penundaan mengikuti pendidikan paling lama 1 tahun, penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat untuk paling lama 1 tahun, mutasi yang bersifat demosi, pembebasan dari jabatan, dan penempatan dalam tempat khusus paling lama 21 hari," ujarnya.

Sebelumnya, dilihat detikcom, Rabu (8/7), beredar foto dan narasi viral soal dugaan pemukulan saksi saat proses pemeriksaan di Polsek Percut Sei Tuan. Pengunggah posting-an viral menyebut saksi bernama Sarpan diduga dipukul hingga wajahnya lebam.

"Pembunuhan di pasar 9 Tembung leher dicangkol. Saksi mukanya lebam2 (membiru). Kok bisa?? Malah yang diduga tersangka dari awal katanya wajahnya mulus," tulis pengunggah.

Korban pemukulan, Sarpan, disebut sudah membuat laporan ke Polrestabes Medan terkait kejadian itu. Dalam posting-an itu juga terdapat foto tanda terima laporan bernomor STTP/1643/VII/Yan 2.5/2020/SPKT Polrestabes Medan.

(haf/haf)