Bunuh Buruh Bangunan Pakai Cangkul, Pria di Sumut Ditangkap Polisi

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 19:04 WIB
Ilustrasi Pembunuhan
Ilustrasi pembunuhan (Edi Wahyono/detikcom)
Medan -

Seorang buruh bangunan, Dodi Sumanto (41), ditemukan tewas di Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumut. Polisi kemudian menangkap AZ, yang diduga merupakan pelaku pembunuhan tersebut.

"Pelaku berinisial AZ (26), warga Jalan Sidomulyo, Percut Sei Tuan. Dia mengayunkan cangkul ke arah belakang korban hingga meninggal dunia," kata Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko di Markas Polrestabes Medan, Kamis (9/7/2020).

Riko menjelaskan peristiwa itu terjadi di Jalan Sidomulyo, Desa Seo Rotan, Percut Sei Tuan, Kamis (2/7). Korban bernama Dodi Sumanto disebut sedang merenovasi rumah milik Nurdiana Dalimunthe bersama saksi Sarpan.

Pelaku AZ kemudian mengambil cangkul milik korban yang sedang mengaduk semen. Lalu pelaku mengayunkan cangkul tersebut ke arah korban.

"Pelaku mengayunkan cangkul ke arah belakang korban sebanyak dua kali. Kemudian korban berteriak hingga saksi Sarpan yang berada di dalam kamar yang sedang renovasi kemudian keluar," ujar Riko.

Saat saksi korban keluar, tiba-tiba pelaku juga mengayunkan cangkul ke arah Sarpan. Sarpan lalu masuk kembali ke dalam kamar, mengunci pintu sambil berteriak memanggil Nurdiana Dalimunthe.

"Ibu Nurdiana masuk ke rumah, dan mendapati tersangka, yang merupakan anaknya, sedang pegang cangkul dan korban telah tergeletak berlumuran darah," ujar Riko.

Lalu Nurdiana berteriak hingga anaknya datang. Akibat perbuatannya, AZ dijerat Pasal 338 ayat (3) KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara.

"Saksi Sarpan kemudian keluar dari rumah, meminta pertolongan warga lainnya. Motifnya, bahwa dia (tersangka) sering diledek atau dihina oleh korban," ujar Riko.

(haf/haf)