Polda Sumut Selidiki Viral Oknum Polisi Pukul Saksi Saat Pemeriksaan

Ahmad Arfah - detikNews
Rabu, 08 Jul 2020 14:41 WIB
Polda Sumatera Utara (Polda Sumut)/ Arfa-detikcom
Polda Sumatera Utara (Arfa/detikcom)
Medan -

Informasi soal adanya saksi yang mengaku dipukuli oknum polisi saat proses pemeriksaan kasus dugaan pembunuhan di Percut Sei Tuan, Deli Serdang, viral. Polda Sumut mengatakan sedang menyelidiki kasus tersebut.

Dilihat detikcom, Rabu (8/7/2020), pengunggah posting-an viral menyebut peristiwa pemukulan itu terjadi di Polsek Percut Sei Tuan. Saksi bernama Sarpan diduga dipukul hingga wajahnya lebam.

"Pembunuhan di pasar 9 Tembung leher dicangkol. Saksi mukanya lebam2 (membiru). Kok bisa?? Malah yang diduga tersangka dari awal katanya wajahnya mulus," tulis pengunggah.



Korban pemukulan, Sarpan, disebut sudah membuat laporan ke Polrestabes Medan terkait kejadian itu. Dalam posting-an itu juga terdapat foto tanda terima laporan bernomor STTP/1643/VII/Yan 2.5/2020/SPKT Polrestabes Medan.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, mengatakan pihaknya akan menyelidiki hal ini. Kasus dugaan pemukulan ini, kata Nainggolan, akan ditangani oleh Polda Sumut.

"Sudah dalam proses penyelidikan Bid Propam Polda Sumatera Utara. Laporannya diambil alih Polda," ujar Nainggolan.

Nainggolan mengatakan, jika terbukti bersalah, oknum polisi yang diduga melakukan pemukulan akan diberi sanksi. Saat ini proses penyelidikan masih berlangsung.

"Jadi nanti bila terbukti melakukan kesalahan tentu akan diberikan tindakan. Tindakan apa yang bisa diberikan? Nanti kita lihat apakah dia masuk ke tindakan disiplin ataukah tindakan kode etik tidak profesional dalam menjalankan tugas," jelas Nainggolan.

(haf/haf)