ABK WNI Diduga Tewas Dianiaya di Atas Kapal China Sejak Pekan Lalu

Gagah Wijoseno - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 10:06 WIB
Kapal berbendera China, Lu Huang Yuan Yu 118, diamankan di perairan Kepri. Ditemukan jasad ABK WNI yang diduga jadi korban kekerasan (dok. TNI AL)
Kapal berbendera China, Lu Huang Yuan Yu 118, diamankan di perairan Kepri. Ditemukan jasad ABK WNI yang diduga jadi korban kekerasan (dok. TNI AL)
Jakarta -

Seorang anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) diduga tewas dianiaya di atas kapal ikan asing berbendera China, Lu Huang Yuan Yu 117 dan 118. Diduga ABK WNI tersebut tewas sejak akhir Juni lalu.

"Dari hasil pemeriksaan di atas kapal tersebut bahwa benar ada seorang mayat ABK WNI atas nama HA yang diperkirakan sudah meninggal sejak hari Senin tangga 29 Juni 2020, penyebab kematian diduga karena tindakan kekerasan," kata Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Indarto Budiarto dalam keterangannya, Kamis (9/7/2020).

Dia mengatakan kapal tersebut telah dibawa ke Dermaga Lanal Batam untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan jasad korban dibawa ke RS Bhayangkara untuk diautopsi.

Laksma Indarto mengatakan kasus ini bermula dari informasi Badan Intelijen Negara (BIN) daerah Kepulauan Riau (Binda Kepri). Maka, tim gabungan menindaklanjuti dengan mencari dan mengejar kapal tersebut.

Kapal berbendera China, Lu Huang Yuan Yu 118, diamankan di perairan Kepri. Ditemukan jasad ABK WNI yang diduga jadi korban kekerasan (dok. TNI AL)Konferensi pers terkait kapal berbendera China, Lu Huang Yuan Yu 118, diamankan di perairan Kepri (dok. TNI AL)

Selanjutnya
Halaman
1 2