Ini Momen yang Sebabkan Kapal Tanker di Belawan Terbakar pada Mei Lalu

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Selasa, 07 Jul 2020 20:46 WIB
Polisi olah TKP kapal tanker yang terbakar di Belawan, Medan, Sumut (dok. Istimewa)
Foto: Polisi olah TKP kapal tanker yang terbakar di Belawan, Medan, Sumut (dok. Istimewa)
Medan -

Polisi menjelaskan penyebab kebakaran kapal di Belawan, Medan, Sumatera Utara (Sumut), akibat kelalaian anak buah kapal (ABK). Kelalaian ini menyebabkan korban luka hingga meninggal dunia.

"Hasil penyelidikan kebakaran kapal terjadi pada tanggal 11 Mei 2020 diakibatkan karena kesalahan atau kelalaian ABK yang menyebabkan kebakaran dan mengakibatkan meninggal dunia dan luka," ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Tatan Dirsan Atmaja, Selasa (7/7/2020).

Dari hasil pemeriksaan tempat kejadian dan 27 orang saksi, kata Tatan, kebakaran diduga karena kelalaian ABK bernama Sandi Nova. Dia menyebut Sandi lalai saat membersihkan tangki kapal.

"Mengerucut pada keterangan bahwa salah seorang kru kapal atas nama Sandi Nova melakukan kegiatan pembersihan di atas tangki slop dengan menggunakan alat las," kata Tatan.

"Alat las yang digunakan Sandi menyambar uap bahan bakar pada tangki slop sehingga menimbulkan api dan ledakan serta kebakaran yang mengakibatkan korban meninggal 7 orang dan korban luka-luka 20 orang," imbuhnya.

Polisi olah TKP kapal tanker yang terbakar di Belawan, Medan, Sumut (dok. Istimewa)Foto: Polisi olah TKP kapal tanker yang terbakar di Belawan, Medan, Sumut (dok. Istimewa)

Tatan menjelaskan tersangka melanggar Pasal 188 KUHP dan atau Pasal 359 KUHP. Namun karena tersangka meninggal saat kejadian, proses hukumnya dihentikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2