Viral Pesepeda Wanita Tak Berjilbab di Banda Aceh, Pemkot Turun Tangan

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 13:37 WIB
poster
Ilustrasi viral di media sosial (Edi Wahyono/detikcom)
Banda Aceh -

Foto sekelompok pesepeda perempuan berpose menggunakan baju yang menunjukkan bentuk tubuh serta sebagian tidak mengenakan jilbab di Banda Aceh viral. Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, buka suara soal hal tersebut.

Dilihat detikcom, Senin (6/7/2020), dalam foto tampak sepuluh pesepeda wanita berfoto di pinggir pantai. Mereka kompak mengenakan baju merah jambu.

Beberapa pesepeda tampak tidak mengenakan jilbab. Selain berpose, video mereka tengah mengayuh sepeda pada Minggu (5/7) kemarin juga beredar di media sosial.

Setelah foto tersebut viral, Aminullah meminta Satpol PP dan Wilayatul Hisbah (WH/polisi syariah) mencari para pesepeda tersebut. Mereka akan diberikan pembinaan.

"Satpol PP dan WH cari keberadaan mereka, panggil dan lakukan pembinaan," kata Aminullah.

Tangkapan layar foto viral sekelompok pesepeda wanita di Banda Aceh tak menggunakan jilbab Foto: Tangkapan layar foto viral sekelompok pesepeda wanita di Banda Aceh tak menggunakan jilbab

Aminullah mengatakan warga yang berada di Banda Aceh harus patuh terhadap syariat Islam. Dia meminta tamu yang datang tidak melanggar aturan daerah.

"Kota ini menerapkan syariat Islam, setiap tamu yang datang harus menghargai dan menaati aturan yang ada di kota ini," jelasnya.

"Siapapun yang berada di wilayah Banda Aceh harus menghargai nilai-nilai syariat yang berlaku. Meskipun tamu dari kalangan nonmuslim, mereka harus bisa menghargai norma-norma yang ada di Aceh," sambungnya.

(haf/tor)