LTMPT: Kendala Jaringan di UTBK Hari Pertama Dapat Diatasi

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 06 Jul 2020 06:28 WIB
UTBK di UPN Veteran Jakarta, 5 Juli 2020. (Dok UPN Veteran Jakarta)
Foto: UTBK di UPN Veteran Jakarta, 5 Juli 2020. (Dok UPN Veteran Jakarta)
Jakarta -

Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) hari pertama di UPN Veteran Jakarta mengalami kendala jaringan yang menyebabkan waktu tes mundur. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengatakan kendala tersebut dapat diatasi.

"Saat ini sedang dikumpulkan datanya, besok pagi dilaporkan ke Sekjen Kemdikbud dan Dirjen Dikti. Ada kendala sebentar sinkronisasi jaringan dan dapat diatasi," ujar humas LTMPT, Anwar Efendi, saat dihubungi detikcom, Minggu (5/7/2020).

Namun, Anwar mengatakan secara umum pelaksanaan UTBK hari pertama berlangsung lancar. Dia menuturkan saat ini tengah melakukan evaluasi agar pelaksanaan UTBK selanjutnya berjalan optimal.

"Secara umum, pelaksanaan UTBK hari ini, sesi I dan Sesi II, lancar. Saat ini sedang dievaluasi untuk mengetahui hal-hal yang penting, untuk persiapan optimal hari selanjutnya," kata Anwar.

Tidak hanya itu, Anwar menyebut protokol kesehatan juga berjalan maksimal. Mulai dari gerbang kampus, ruang tes hingga ruang panitia.

"Protokol Kesehatan dalam rangka pencegahan COVID-19 dijalankan dengan maksimal di semua lini. Dari gerbang masuk kampus, ruang tunggu, ruang komputer (tempat tes), dan ruang panitia," tuturnya.

Selain itu, peserta yang bersuhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celsius tidak boleh langsung masuk ruang ujian untuk ikut tes. Namun, Anwar mengaku belum mendapatkan laporan adanya siswa yang memiliki suhu lebih dari 37,5 derajat Celsius.

"Belum ada laporan," pungkasnya.

(dwia/maa)