Dinas LH DKI Klaim 97% Pelaku Usaha Terapkan Larangan Kantong Plastik

M Ilman Nafi'an - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 16:59 WIB
Mulai hari ini DKI Jakarta wajibkan warganya gunakan kantong belanja ramah lingkungan. Warga pun kini gunakan kantong ramah lingkungan saat berbelanja
Kantong ramah lingkungan jadi pilihan warga saat berbelanja. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta mengklaim telah melakukan sosialisasi larangan kantong plastik sejak lama. Selain itu, mereka menyebut ada 97 persen pelaku usaha yang sudah menerapkan kebijakan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan.

"Kalau temuannya secara umum sih mayoritas pelaku usaha di tiga subjek hukum itu sudah tahu kebijakan perda ini dan tidak menyediakan lagi kantong plastik sekali pakai. Kalau ada temuan 1-2, itu langsung kita lakukan pembinaan. Kita terbitkan berita acara, kita pastikan mereka harus mulai tidak menyediakan lagi kantong kresek begitu. Kalau kita secara umum sih 97 persen itu pelaku sudah menerapkan kebijakan ini gitu," ujar pejabat Humas Dinas LHKI DKI Jakarta, Yogi, saat dihubungi, Kamis (2/7/2020).

Dinas LH pun menyebut telah melakukan sosialisasi larangan penggunaan plastik sekali pakai. Sosialisasi dilakukan sejak 2017, khususnya di pasar-pasar yang dikelola oleh Perumda Pasar Jaya.

"Kita mulai FGD penyusunan Pergub ini mulai 2017, 2018 tuh sudah mulai intensif kita kerja sama sama Perumda Pasarjaya melakukan sosialisasi di pasar-pasar," kata Yogi.

Dalam sisi pengawasan, Dinas LH membagi beberapa subtugas. Dinas Provinsi DKI bertugas mengawasi pusat perbelanjaan seperti mal.

"Jadi kita tuh melakukan pengawasan kan bukan cuma sehari kemarin kan ya. Kemarin kita memastikan 1 Juli tuh pelaku usaha di tiga subjek hukum itu sudah menerapkan kebijakan ini, tapi pengawasan itu rutin kita lakukan dan itu kewenangannya berjenjang. Kalau tingkat provinsi kita melakukan pengawasan di pusat perbelanjaan itu mal-mal ya, itu kewenangannya tingkat provinsi," ucapnya.

Tontin video 'Anies Ajak Warga Pakai Kantong Belanja Sendiri, Bukan Plastik':

Selanjutnya
Halaman
1 2