Polemik PPDB DKI Jakarta, Ketua Komisi X DPR: Hilangkan Kriteria Usia

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 08:11 WIB
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda.
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda (Azizah/detikcom)
Jakarta -

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda merekomendasikan kepada Pemprov DKI Jakarta, khususnya dinas pendidikan, untuk menghilangkan kriteria usia pada PPDB Zonasi. Syaiful menyebut usia tidak mencerminkan dunia pendidikan untuk dijadikan kriteria PPDB DKI.

"Kita minta kriteria umur ini ditinjau ulang untuk tahun selanjutnya, karena tidak mencerminkan dunia pendidikan, kita minta kriteria lebih kualitatif, akademik," kata Syaiful saat dihubungi, Rabu (1/7/2020).

Syaiful meminta agar tidak ada lagi kriteria usia di PPDB DKI Jakarta ke depannya. Selain itu, dia juga merekomendasikan kriteria yang lebih akademik justru diterapkan oleh Pemprov DKI seperti prestasi dan karya ilmiah.

"Saya kira harus dipikirkan kriteria lebih kualitatif lagi, ke depan saya rekomendasikan untuk dihilangkan (kriteria usia), harus ada kriteria kualitatif dan lebih akademik, contoh misalnya karya ilmiah murid, setelah nanti prestasi, sebelum umur itu karya ilmiah," ucapnya.

Selain itu, Syaiful menyebut Disdik DKI juga harus memastikan seluruh siswa yang terdiskriminasi PPDB DKI dapat bersekolah di lokasi terdekat. Rombongan kelas, sebutnya, juga harus ditambahkan terkait ini.

"Kita minta Disdik atau Pemprov DKI untuk melakukan evaluasi terhadap PPDB DKI, dalam hal ini dengan cara menambah ruang kelas dan atau membuat atau membangun sekolah baru," ujarnya.

Diketahui, pelaksanaan PPDB DKI Jakarta masih berlangsung hingga kini. Namun, sejumlah orang tua murid memprotes adanya syarat usia di PPDB DKI Jakarta 2020.

(maa/lir)