Round-Up

Perjalanan Kasus Zuraida Pembunuh Hakim Jamaluddin hingga Divonis Mati

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 08:01 WIB
Ekspresi Zuraida saat dengan vonis mati (Ahmad Arfah-detikcom)
Foto: Ekspresi Zuraida saat dengan vonis mati (Ahmad Arfah-detikcom)

Jamaluddin juga disebut sempat terlibat 'bermain cinta' dengan calon hakim sewaktu bertugas di Padang. Hal tersebut disampaikan oleh pengacara Zuraida, Onan Purba, saat menjelaskan alasan kliennya mengungkap perilaku Jamaluddin.

"Kalau disebut motivasi, motivasi dia itu sampai mengajak orang membunuh karena dia sudah sakit hati. Karena sakit hatinya ditimbulkan, antara lain ketika dia hamil masih di kampung dulu, almarhum itu sudah bawa perempuan ke rumah. Nah, kemudian dia banyak bermain cinta lah dengan perempuan lain termasuk calon hakim-hakim yang ada di Padang. Jadi sakit hatinya sudah berlanjut," kata Onan, Sabtu (23/5/2020).

Selain tudingan kehadiran wanita lain, dalam persidangan juga terungkap kalau Zuraida punya hubungan dengan pria lain, yakni Jefri Pratama. Keduanya juga disebut hendak menikah setelah Jamaluddin tewas.

Hubungan Zuraida dan Jefri, yang juga terdakwa dalam kasus ini, pertama kali diketahui saat proses rekonstruksi. Dalam proses persidangan, hakim juga beberapa kali bertanya soal hubungan Zuraida dan Jefri.

"Kenapa harus terjadi hubungan pribadi, mohon maaf, sampai berhubungan suami-istri?" tanya hakim ke Zuraida yang diperiksa sebagai saksi untuk terdakwa lainnya, Jumat (15/5/2020).

"Begini, Yang Mulia, dari pertama saya menikah, sejak saya hamil, dia (Jamaluddin) bawa perempuan lain," jawab Zuraida.

"Apakah pacaran dengan Jefri ini sebagai balas dendam?" ujar hakim lagi.

"Belum bisa mengimbangi, Yang Mulia," ucap Zuraida.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6 7