PSBB Transisi Lanjut atau Setop? Begini Naik Turun Kasus Baru Corona di DKI

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 30 Jun 2020 12:16 WIB
Operasi disinfeksi Corona dengan menyemprotkan cairan disinfektan dilakukan di kawasan Monas. Hal itu dilakukan untuk sterilisasi lokasi jelang dibuka kembali.
Gambar ilustrasi (Grandyos Zafna/detikcom)

Angka kematian

Kurva kematian baru akibat COVID-19 menjadi kurva yang paling rendah dibanding kurva kasus baru dan kesembuhan baru. Rata-rata, ada kematian baru per harinya tidak melebihi dua digit.

Pada 9, 15, 24 Juni, masing-masing ada 9 orang meninggal dunia akibat COVID-19. Pada 27 Juni, ada 0 kematian baru.

Sebelumnya, Anies mengatakan PSBB transisi akan dievaluasi pada akhir Juni. Anies sempat mengklaim PSBB transisi tahap pertama telah berjalan dengan baik. Anies mengatakan sudah mengevaluasi PSBB transisi ini dan hasilnya baik.

"Terkait temuan tadi pagi yang dikirimkan, transisi tetap berjalan sampai akhir Juni ini, nanti kita evaluasi lagi. Ini kan perjalanan 2 minggu pertama. Hasilnya, ternyata baik," kata Anies di Balai Kota Pemprov DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada 22 Juni 2020.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengklaim positivity rate COVID-19 di Jakarta kini 4,99%. Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti menyatakan positivity rate itu sudah sesuai standar WHO.

"Sesuai dengan target WHO, angka ini kurang dari 5 persen, sehingga angka rate positif di DKI Jakarta sudah sesuai dengan standar WHO," kata Kadinkes DKI Jakarta, Widyastuti dalam konferensi pers (29/6) di YouTube Pemprov DKI Jakarta, seperti dilihat, Senin (30/6).


(dnu/imk)