Keluhan Ortu Imbas Syarat Usia PPDB DKI: Masa Anak Saya Nganggur Dulu Setahun?

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 11:51 WIB
Sejumlah orang tua murid mendatangi SMAN 8 Jakarta untuk mendaftar PPDB DKI 2019 Jalur Zonasi. Tak sedikit dari mereka yang telah mengantre sejak pagi.
Ilustrasi proses PPDB (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Banyak siswa yang gagal atau tidak bisa mendaftar ke jalur zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jakarta karena 'kalah' usia. Hal ini pun membuat resah siswa dan orang tua.

Salah satu orang tua bernama Zahra (40) mengatakan hingga kini putrinya belum diterima di sekolah manapun. Itu karena sang anak baru berusia 14 tahun 9 bulan 15 hari.

"Iya, dari awal nggak masuk di sekolah manapun dengan semua jalur nggak masuk. Kan tadinya ada afirmasi anak saya pakai jalur KDP nggak masuk," kata Zahra kepada detikcom.

Kini, Zahra hanya berharap putrinya bisa lolos melalui jalur prestasi akademik. Namun, ia pun mengaku pasrah lantaran tetap ada aturan soal usia di jalur ini.

"Yah gimana ya... saya tekanin kalau harapannya tipis tadi tinggal satu kali ya yang jalur prestasi akademik, kalau itu nggak lolos juga, karena saya lihat prestasi akademik pun umur terakhir lahirnya di Desember 2005. Nah kemungkinan anak saya itu tipis sekali mungkin memang masih mencakup karena anak saya masih di September kan 2 bulan dari peraturannya. Tapi tetap kemungkinannya kecil karena orang yang nggak lolos lebih dari 50 persen. Sekarang kuota yang disediakan cuman 20 persen apa mungkin mencakup semua? Tetap patokannya balik lagi ke umur," jelasnya.

Tonton video 'Orang Tua Siswa Ngamuk-ngamuk ke Kadis DKI soal PPDB':

Selanjutnya
Halaman
1 2