KPU Keluhkan Anggaran Pilkada 2020, Mahfud: Sudah Dicairkan Menkeu

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 17:36 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md
Menko Polhukam Mahfud Md (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluhkan tambahan anggaran Pilkada 2020 sebesar Rp 1,02 triliun yang belum cair. Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan ada miskomunikasi terkait dengan pencairan dana tersebut.

"Itu hanya miskomunikasi," kata Mahfud sebelum menghadiri rapat koordinasi persiapan pilkada serentak di Jawa Timur melalui keterangan tertulis Kemenko Polhukam, Jumat, (26/6/2020).

Mahfud menjelaskan Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah mencairkan dana tersebut kepada KPU pusat. Namun Sekretariat Jenderal KPU belum menginformasikan kepada Ketua KPU Arief Budiman terkait hal tersebut.

"Yang benar, Menteri Keuangan sudah mencairkan kepada KPU pusat, tetapi Ketua KPU pusat belum dapat info dari sekjennya," jelasnya.

Mahfud menuturkan, dana belum dicairkan ke daerah karena belum adanya pengajuan terkait rincian kebutuhan pilkada. KPU daerah yang sudah menyerahkan rincian kebutuhan sudah ditransfer, salah satunya Jawa Timur.

"Dan Sekretariat Jenderal belum mentransfer ke daerah karena daerah-daerah tersebut belum menyerahkan rincian kebutuhan. Yang sudah menyerahkan rincian telah ditransfer. KPU Jawa Timur, misalnya, anggarannya sudah cair sejak Senin lima hari yang lalu," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2