Polisi Kembali Temukan 5 'Pabrik' Miras di Hutan Timika

Saiman - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 19:24 WIB
Polres Mimika temukan lima pabrik pembuatan miras jenis sopi di dalam hutan (Saiman/detikcom)
Polres Mimika menemukan lima pabrik pembuatan miras jenis sopi di dalam hutan. (Saiman/detikcom)
Timika -

Polres Mimika kembali menemukan tempat pengolahan minuman keras (miras) jenis sopi di hutan di Timika, Papua. Petugas menemukan lima lokasi pembuatan miras sopi di dalam hutan tersebut.

"Iya sayang, kami belum berhasil menangkap pelaku pembuat di TKP, kalau dari TKP saya lihat mereka ini memproduksi sore sampai malam, dan kemungkinan pagi dini hari mereka keluar membawa hasil penyulingan, pelakunya masih lidik," kata Kasat Sabhara Polres Mimika AKP Rosman LM di lokasi, Rabu (24/6/2020).

Kelima lokasi pembuatan sopi tersebut berjarak 1 km dari Kelurahan Wonosari Jaya. Pabrik sopi tersebut terletak di kawasan hutan-hutan di kelurahan tersebut.

Dari lokasi, polisi menyita barang bukti berupa alat pembuatan sopi berupa drum-drum, alat penyulingan, dan satu drum berisikan sopi yang sudah siap jual.

"Kita musnahkan saja langsung, barang bukti serta pabriknya," kata Rusman.

Polres Mimika temukan lima pabrik pembuatan miras jenis sopi di dalam hutan (Saiman/detikcom)Polisi masih menyelidiki pemilik 'pabrik' pembuatan sopi ini. (Saiman/detikcom)

Rusman menambahkan, dari 5 lokasi tersebut, bisa diproduksi puluhan liter sopi dengan omzet mencapai puluhan juta rupiah.

"Iya omzetnya puluhan juta per hari, satu hari mereka bisa menghasilkan sopi hasil penyulingan dalam satu jam itu bisa 20 liter, mereka jual per botol kemasan 600 ml seharga Rp 50 ribu, dikali 20 liter, dikali 5 pabrik, puluhan juta (rupiah) itu (omzetnya)," tambah Rusman.

Operasi pabrik-pabrik minuman keras tak berizin terus digencarkan Polres Mimika menindaklanjuti beberapa kasus kekerasan yang terjadi di Timika yang bermula dari korban atau pelaku dalam keadaan mabuk.

(jbr/jbr)